Kontribusi Indonesia dalam Menyelesaikan Konflik Regional melalui Kerangka Multilateralisme

Kontribusi Indonesia dalam Menyelesaikan Konflik Regional melalui Kerangka Multilateralisme: Kebijakan Luar Negeri Indonesia di ASEAN dalam Menyelesaikan Konflik di Laut Cina Selatan untuk Menciptakan Kondisi Kondusif bagi Komunitas ASEAN 2015 (2003-2012)

Oleh:

Wendy A. Prajuli, S.IP, M.S.S
Dini A. Septanti, S.Sos, M.Sc

Penelitian ini dirancang untuk melihat kontribusi Indonesia dalam menyelesaikan konflik di Laut Cina Selatan dengan menggunakan mekanisme multilateral. Selain juga melihat kontribusi Indonesia menciptakan kondisi yang kondusif bagi implementasi Komunitas ASEAN di tahun 2015.

Penelitian ini penting mengingat: (1) Kompetisi kekuatan antara Cina dan AS di Asia-Pasifik yang makin tinggi dan tidak jelas arahnya telah membuat konflik di LCS semakin kompleks dan mengancam stabilitas kawasan; (2) Deadline implementasi Komunitas ASEAN yang semakin dekat, sementara di sisi lain konflik di Asia Tengara tidak juga berkurang bahkan semakin menajam dan mengancam integrasi ASEAN.

Dalam upaya menjawab permasalahan yang diajukan, penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisa mendalam terhadap beragam data yang terkait dengan fokus penelitian. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan tersebut penelitian ini akan menggunakan metode studi literatur dimana data primer akan diperoleh melalui dokumen-dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia dan Sekretariat ASEAN. Sementara data sekunder akan diperoleh melalui jurnal, laporan hasil penelitian, buku ataupun artikel yang tersebar di berbagai media massa.

Kata kunci: Kebijakan Luar Negeri, Indonesia, Laut Cina Selatan, ASEAN, Komunitas ASEAN.