Mengukuhkan Niat dan Komitmen (calon) Diplomat Indonesia

Ketua Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (HI BINUS University), Tirta Mursitama PhD, kembali dipercaya memberikan materi pada Pendidikan dan Latihan Sekolah Dinas Luar Negeri Angkatan Ke-38 (Sekdilu 38) pada tanggal 7 Maret 2014 di Pusdiklat Kemenlu, Jl. Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Materi yang diberikan tentang “Kebijakan Perekonomian Indonesia”.

Tirta Mursitama memaparkan tentang konsep-konsep dasar kebijakan perekonomian, contoh-contoh kasus dan relevansinya bagi diplomasi Indonesia. Selain berbagi ilmu dan pengalaman tentang perekonomian Indonesia, Tirta Mursitama menegaskan pentingnya mengukuhkan niat dan komitmen sebagai seorang calon diplomat. Hal ini sangat penting mengingat mereka yang berjumlah tujuh puluh orang itu telah berhasil lolos dari seleksi yang ketat, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dari ribuan orang yang mendaftar.

Dengan demikian, menjadi seorang (calon) diplomat merupakan sebuah privilege yang didambagakan oleh ribuan warga negara Indonesia yang ingin mewakili kepentingan Indonesia di luar negeri. Oleh karena itu, Tirta Mursitama menambahkan agar mereka harus bangga, bersemangat dan bersungguh-sungguh mengemban amanah ini.

Tirta Nugraha Mursitama dalam acara pelatihan Sekdilu 38
Tirta Nugraha Mursitama dalam acara pelatihan Sekdilu 38

Kepercayaan yang diberikan oleh Direktur Sekdilu Dr. Ben Perkasa Drajat kepada Tirta Mursitama menunjukkan bahwa HI BINUS mendapatkan tempat yang baik untuk berkontribusi menyemai para calon diplomat Indonesia masa depan. Kerjasama yang telah berlangsung lebih dari tiga tahun ini semoga dapat berjalan semakin baik di masa depan. HI BINUS mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Sekdilu atas kerjasama yang saling menguntungkan ini.

Akhirnya, kepercayaan dan kerjasama ini diharapkan dapat menambah keyakinan kepada para mahasiswa HI BINUS agar dapat belajar dengan baik dan mengambil pelajaran bahwa HI BINUS mampu berkontribusi pada peningkatan diplomasi Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusianya. Dengan demikian, mereka menyadari dan bangga sebagai bagian dari HI BINUS yang kelak akan mengantarkan mereka untuk meniti karir sebagai diplomat sebagai salah satu pilihan setelah lulus.

Tirta Nugraha Mursitama berfoto bersama dengan para calon diplomat Indonesia
Tirta Nugraha Mursitama berfoto bersama dengan para calon diplomat Indonesia