Jurusan Hubungan Internasional BINUS mengadakan the 3rd International Conference on Business, International Relations, and Diplomacy (ICOBIRD) 2014

Pada tanggal 1-2 September 2014 jurusan Hubungan Internasional (HI) Binus mengadakan acara konferensi internasional tahunan yaitu the 3rd International Conference on Business, International Relations, and Diplomacy (ICOBIRD) 2014. ICOBIRD 2014 ini agak berbeda dengan dua tahun sebelumnya dimana pada tahun ini konferensi diselenggarakan bersamaan dengan the 1st Joint International Conference on Humanities dengan Fakultas Humoniora BINUS sebagai panitianya. ICOBIRD tahun ini mengusung tema “ASEAN Community 2015: Regional Opportunities and Challenges”. Tema ini dipilih sebagai upaya meningkatkan diskursus tentang ASEAN Community menjelang tahun 2015. Konferensi Internasional ini dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora pada 1 September 2014 di pagi hari. Acara kemudian dilanjutkan dengan pidato pembukaan yang disampaikan oleh Deputy Secretary General of ASEAN for Community and Corporate Affairs.

Konferensi ICOBIRD sendiri mendatangkan dua orang pembicara pada sesi plenary session yaitu H.E. Rahmat Pramono sebagai Permanent Representative of Republic of Indonesia to ASEAN dan Associate Professor, Tai, Wan-Ping dari Department of International Business, Cheng-Shiu University, Taiwan. Ketiga pembicara memberikan pemaparannya masing-masing mengenai tantangan serta peluang yang akan dihadapi oleh negara-negara Asia Tenggara dalam menghadapi Komunitas ASEAN. Sesi plenary session ini  dimoderatori oleh Ketua Jurusan Hubungan Internasional yaitu Bapak Tirta N. Mursitama Ph.D. Sesi ini pun digabungkan dengan konferensi internasional Fakultas Humaniora yang mengundang Dr. Christine Manara dari Payap University, Chiang Mai, Thailand dan Dr. Rudolf W. Matindas dari Universitas Indonesia sebagai pembicara.

Setelah sesi plenary session berakhir, acara dilanjutkan dengan pemaparan makalah dari para peserta ICOBIRD. Pada tahun ini, ICOBIRD berhasil mengumpulkan 15 makalah baik yang berasal dari universitas nasional maupun internasional. Adapun pemakalah nasional berasal dari Universitas Bina Nusantara, Universita Pakuan Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Kristen Indonesia, dan STIE Pengembangan Bisnis dan Manajemen Jakarta. Di sisi lain, pemakalah internasional berasal dari Deakin University, Melbourne dan University of Dhaka, Bangladesh. 15 pemakalah ini terbagi ke dalam 4 panel utama yaitu, panel bisnis dan investasi, panel isu-isu ekonomi dan politik, panel isu-isu politik dan keamanan, serta panel isu-isu pemerintahan local dan good governance di Indonesia.

The 3rd ICOBIRD 2014 pun bekerja sama dengan salah satu jurnal internasional yang terindeks scopus untuk mempublikasikan makalah-makalah terbaik. Ini merupakan salah satu komitmen HI BINUS untuk terus memajukan kualitas pendidikan tinggi khusunya kemajuan ilmu Hubungan Internasional di Indonesia.