Berprestasi di negara orang. Itulah kami!


Dengan berakhirnya kegiatan perkuliahan kami di Cheng Shiu University, pihak universitas menggelar acara wisuda untuk melepas mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti program student exchange. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2015. Untuk memeriahkan acara tersebut, salah satu di antara kami diberi kesempatan untuk berpidato. Saya, Bathia, adalah satu yang di tunjuk untuk member sepatah-dua patah kata sebagai ucapan terima kasih kepada pihak kampus dan rekan-rekan yang sudah membantu kami selama berada disana dan itu berarti saya menjadi perwakilan dari mahasiswi Indonesia untuk menyampaikan hal tersebut.

Diberi kepercayaan untuk berpidato di depan banyak orang merupakan hal yang menantang buat saya. Tentu ada perasaan bangga namun juga ada perasaan takut mengecawakan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun saya berusaha optimis bahwa saya bisa melakukan ini. Berpidato dengan menggunakan bahasa yang kita kuasa tentu bukan sesuatu masalah yang besar, tapi berpidato dengan menggunakan bahasa asing dan bahasa yang tidak sepenuhnya dikuasi tentu merupakan masalah yang besar. Pada awalnya saya merasa seperti itu, tapi disini ada pihak yang dengan senang hati menawarkan bantuan untuk menolong saya, Kaikai Laoshi. Beliau begitu sabar mengajari saya untuk berpidato dengan menggunakan bahasa mandarin. Saya begitu kesulitan, namun beliau member saya semangat dan tidak lupa pula rekan-rekan seperjuangan saya member dukungan dan mendoakan untuk kelancaran pidato saya. Dengan memanfaatkan waktu sehari-semalam, saya sudah sedikit lancar menyampaikan pidato yang akan saya bacakan. Walaupun sedikit terbata-bata di kalimat-kalimat tertentu tapi saya tetap menanamkan rasa percaya diri saya agar bisaberjalan dengan baik.

Bathia Pratiwi, Outstanding Academic Performance
Bathia Pratiwi, Outstanding Academic Performance
Clarisa Tjahjadi, Overall Outstanding Performance
Clarisa Tjahjadi, Overall Outstanding Performance

Hari yang ditunggu pun tiba. Acara perpisahan sekaligus pelepasan mahasisa dan mahasiswi student exchange terlaksana. Dengana cara pembukaan yang diisi dengan kata sambutanoleh orang –orang yang berperan penting di universitas. Setelahitu, acara pemberian award kepada mahasiswa dan mahasiswi beprestasi. Hal yang tidak di duga yaitu saya, Clarissa, dan Nurul adalah salah satu yang mendapat award tersebut. Saya mendapat award Outstanding Academic Performance, Clarissa mendapat award Overall Outstanding Performance, danNurul mendapat award Outstanding Service Performance. Award tersebut berupa sertifikat yang diberikan lansung pihak universitas oleh kami dansetelah itu kami berfoto bersama.

Acara selanjutnya giliran saya untuk berpidato. Betapa mendebarkan sekali saat nama saya di panggil oleh pembawa acara dan menyilahkan saya untuk berdiri di depan podium untuk berpidato. Dengan rasa optimis, percaya diri, serta bantuan dari Kaikai Laoshi, saya dapat membacakan pidato dengan lancar. Tidak lupa pula kepada rekan-rekan seperjuangan saya yang selalu memberi saya semangat. Tepuk tangan dari penonton pun membuat saya lega karena telah melaksanakan tugas ini dengan baik. Setelah itu acara terakhir di tutup dengan menonton video tentang kegiatan kami selama berada di Cheng Shiu University. Betapa pengalaman yang sangat berharga dan masa-masa yang tentu saja akan saya rindukan. [Bathia Pratiwi]

1420904831468