Kijang Initiative Forum Bersama Prof. Ananta Kumar Giri

Kijang Initiative Forum pertama pada tahun 2015 ini dilangsungkan pada 18 Februari 2015 di Kampus Syahdan Universitas Binus. Dalam forum diskusi tersebut, Ananta Kumar Giri, Ph.D, professor riset dari Madras Institute of Development Studies, membentangkan sebuah makalah berjudul “Transforming International Studies: a New Cosmopolitanism and the Challenges of Planetary realizations.”

Dalam makalah di atas Profesor Giri mengajukan ide yang berkaitan dengan transformasi dalam disiplin ‘studi internasional.’ Beliau memulai presentasinya dengan sebuah anjuran agar ‘studi internasional’ berkembang dari sebuah studi yang bersifat ‘inter-disiplin’ menjadi ‘trans-disiplin’.  Perkembangan tersebut perlu diejawantahkan, antara lain, dengan cara mengembangkan cara berpikir yang melampaui (going beyond) asumsi-asumsi yang ada dalam disiplin tersebut. Salah satunya adalah melampaui cara berfikir positivism dan bergerak ke arah konstruktivisme. Hal lain yang juga sangat penting untuk dilakukan adalah bergerak melampaui cara berpikir yang berpusat pada eropa (euro-centrism). Upaya untuk mengembangkan metodologi baru di luar metedologi yang sudah mapan adalah salah satu contoh dari proses berpikir yang ‘beyond euro-centrism’ terebut. Sebagai bagian dari upaya inilah, maka Profesor Giri menganjurkan sebuah metodologi yang bersifat kosmopolitan.

CAM00410

 

 

 

 

Presentasi di atas memperoleh respons yang sangat hangat dari para peserta diskusi teresebut. Antara lain adalah komentar yang mengetengahkan menguatnya nasionalisme di beberapa negara, seperti Cina dan Indonesia. Padahal berpikir dalam kerangka kosmopolitan mensyaratkan adanya kesadaran untuk menjadi warga dunia (citizen of the world) dan anggota dari keluarga manusia (member of human family).

 

ATT_1424938228758_CAM00407