Duet Doktor HI Binus dalam Pelatihan Penelitian Lapangan

Jpeg
Peserta Pelatihan

Seorang yang telah menempuh pendidikan Doktoral pada dasarnya telah mampu melakukan penelitian sendiri tanpa adanya supervisor yang mengawasi. Oleh karenanya penting bagi seseorang yang bergelar doktor untuk bisa membagi ilmu dan pengalaman soal penelitian kepada para peneliti-peneliti muda dan dosen yang ingin menggali lebih dalam mengenai metode penelitian. Berangkat dari pemikiran tersebut, dua orang Doktor yang dimiliki oleh Jurusan HI BINUS yaitu Dr. Johanes Herlijanto dan Dr. Paramitaningrum (Mita) membagi ilmu dan pengalaman soal penelitian lapangan kepada dosen-dosen lain di lingkup BINUS University pada 29 Juni 2015 yang lalu.

Jpeg
Dr Johanes sedang memberikan pelatihan

Dalam pelatihan yang berjudul “How to Conduct Fieldwork” Dr. Johanes dan Dr. Mita memberikan serba-serbi penelitian lapangan yang biasa di dalam tradisi etnografi. Bagi mereka berdua penelitian lapangan berupa direct observation, participant observation dan wawancara mendalam merupakan cara untuk mendapatkan data yang detail dan mendalam namun memakan waktu yang tidak sebentar. Hal ini berguna dalam memberikan eksplanasi dan analisa mendalam tentang sebuah masyarakat dibandingkan dengan studi literatur.

Jpeg

Namun dalam penelitian lapangan, peneliti diharapkan memiliki ketrampilan dalam menghadapi masalah-masalah di lapangan diantaranya adalah mengatasi kejenuhan di lapangan, menggaet narasumber dan berbaur dengan masyarakat di lingkungan baru. Untuk itu praktek langsung penelitian lapangan menjadi penting ketimbang belajar di kelas.