Prof. Tirta N. Mursitama, Ph.D

Sejak 31 Desember 2015, kita telah resmi menjadi bagian dari Masyarakat ASEAN (ASEAN Community). Selamat datang menjadi bagian dari sebuah komunitas 600 juta warga Asia Tenggara. Bagaimana kita memanfaatkan kesempatan dan mendapatkan hasil yang maksimal?

Ada tips singkat dan sederhana, Pertama, mari kita tingkatkan kesadaran (awareness) dan pemahaman kita terhadap makna Masyarakat ASEAN yang menjadikan kita satu kesatuan ekonomi, politik strategis dan sosio kultural. Bagaimana kita dapat mendapatkan manfaat bila tidak sadar dan paham makna Masyarakat ASEAN dan konsekuensinya.

Cara yang bisa Anda lakukan sekarang adalah mencari tahu dengan ketik “ASEAN Community” atau “Masyarakat ASEAN” di internet maupun hashtag serupa di media sosial. Baca serta simak berbagai berita, ulasan dan talkshow tentang topik ini di media massa. Anda juga bisa mengunjungi beberapa website penting seperti ASEAN Secretariat¬†atau Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Tentu Anda ingin mengetahui tips berikutnya bukan?

Prof. Tirta N. Mursitama, Ph.D