Dosen HI Binus: Indonesia Dapat Memanfaatkan Brexit

Brexit – what would happen if Britain left the EUBrexit. Sumber: www.theguardian.com

“Brexit” adalah kata yang digunakan sebagai cara singkat untuk merujuk pada kebijakan Inggris meninggalkan Uni Eropa. (ir.binus.ac.id)

Dalam wawancara dengan Harianterbit.com, dosen dan Faculty Member Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Paramitaningrum, beropini bahwa Brexit tidak terlalu berpengaruh terhadap Indonesia karena, kalau memang keluar, berarti nanti Inggris akan mencari peluang-peluang ekonomi sendiri. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh Indonesia dan negara-negara lainnya.

Paramitaningrum juga mengatakan bahwa hubungan Indonesia dan Inggris pada dasarnya sudah lancar dan baik, tidak ada hambatan yang berarti. Jadi, tidak akan berpengaruh. Indonesia dan dunia menginginkan ekonomi Inggris stabil karena, kalau mengalami goncangan, dampaknya bisa menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Paramitaningrum yakin Inggris telah dewasa dalam berdemokrasi dan berbeda pendapat.

Paramitaningrumjuga yakin Inggris tidak akan meninggalkan negara-negara yang selama ini menjadi mitra kerja sama bilateral maupun kerja sama perdagangan dan industri dengan kalangan swasta. Negeri itu juga secara ekonomi tetap ingin eksis.

Wawancara Paramitaningrum oleh Harianterbit.com dapat dilihat pada tautan berikut:

http://www.harianterbit.com/hanterdunia/read/2016/06/25/64653/0/19/Tajuk-Inggris-Hengkang-Dari-Uni-Eropa