Sumbang Saran Ketua Jurusan HI Binus Bagi Ekonomi Indonesia

Pada Selasa, 4 April 2017, 100 ekonom Indonesia yang tergabung dalam The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) meluncurkan buku kapita selekta berjudul Menuju Ketangguhan Ekonomi: Sumbang Saran 100 Ekonom Indonesia. Buku ini berasal dari kumpulan pemikiran pada simposium 100 ekonom yang diselenggarakan oleh INDEF beberapa bulan lalu di Jakarta yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam buku ini, Ketua Jurusan Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D. turut berkontribusi menulis satu bab berjudul “Sinergi Mikroregionalisasi dan Mikroregionalisme di Kawasan Perbatasan”.

Cetakan resmi pertama buku Menuju Ketangguhan Ekonomi telah diterima langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin, 3 April 2017 di Istana Wapres. Keesokan harinya, diselenggarakan bedah buku dan peluncuran buku tersebut di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Acara ini diselenggarakan usai sejumlah ekonom INDEF membuka perdagangan saham di BEI. Acara ini dihadiri Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta. Prof. Tirta pun turut hadir sebagai bagian dari 100 ekonom Indonesia tersebut dan menerima secara simbolis buku tersebut dalam acara peluncuran.

Segenap civitas academica Binus, khususnya Departemen HI, turut bangga atas sumbang saran Prof. Tirta bagi ekonomi Indonesia tersebut. Semoga kontribusi tersebut dapat bermanfaat untuk diskursus pembangunan negara kita tercinta.