Dosen HI Binus: Presiden Perancis Macron Akan Tingkatkan Diplomasi Ekonomi dengan RI

Emmanuel Macron, kandidat sentris independen pemilihan umum Presiden Perancis, telah menjadi presiden termuda di Republik Kelima Perancis setelah mengalahkan kandidat sayap kanan Marine Le Pen pada 7 Mei 2017.

Dalam wawancara dengan Metrotvnews, dosen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Paramitaningrum, menilai Macron akan meningkatkan hubungan bilateralnya dengan semua negara sahabat, tak terkecuali Indonesia. Penguatan hubungan bilateral tersebut diperlukan Prancis untuk memperbaiki perekonomian negara yang tengah lesu.

“Perancis akan menggiatkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Potensi ekonomi Indonesia bisa dimanfaatkan Perancis untuk berinvestasi. Saya kira Perancis di bawah Macron juga akan menempatkan diplomasi ekonomi sebagai salah satu fokus hubungannya dengan Indonesia.”

Paramita juga menilai Macron akan melanjutkan kerjasama yang sudah ada, termasuk yang sudah disepakati oleh Presiden François Hollande di Indonesia pada Maret lalu. Transisi pemerintahan Perancis juga dinilai akan berjalan mulus karena Hollande mendukung sepenuhnya Macron dalam pemilihan umum kali ini. Macron juga memiliki hubungan baik dengan Hollande karena pernah menjadi menteri ekonomi di kabinetnya.

Menurut Paramita, beragam tantangan dihadapi Macron, seperti masalah keamanan, perekonomian dan keimigrasian. Tokoh moderat dari partai En Marche! itu juga harus mampu bermanuver untuk mendapatkan mayoritas parlemen. Tanpa mayoritas parlemen, Macron akan kesulitan menepati janji-janjinya semasa kampanye, termasuk menghidupkan kembali perekonomian Perancis.

“FDI (Foreign Direct Investment/Investasi Langsung Luar Negeri) di Indonesia dan Asia Tenggara merupakan salah satu solusi perekonomian Perancis yang kurang baik belakangan ini,” kata Paramita, merujuk pada tingkat pengangguran yang mencapai lebih dari 10 persen dan pertumbuhan ekonomi di angka 1,2 persen per kuartal akhir 2016.

Wawancara Paramita oleh Metrotvnews dapat dilihat pada tautan berikut:

http://m.metrotvnews.com/internasional/asia/Rb1OO5dK-pengamat-macron-akan-tingkatkan-diplomasi-ekonomi-dengan-ri