Global Governance and the European Union: Future Trends and Scenarios (GLOBE), Leuven, Belgium 2019

Leuven – Pada tanggal 29-30 April 2019, Dua dosen Departemen HI Binus, Prof Tirta N Mursitama dan Paramitaningrum, Ph.D menghadiri workshop yang merupakan rangkaian kegiatan di bawah skema hibah riset (Research Grant) Project Horizon 2020, yang berjudul “Global Governance and the European Union: Future Trends and Scenarios” (GLOBE). Workshop ini bertempat di Katholieke Universiteit (KU) Leuven, Belgia. Proyek ini berada di bawah koordinasi  yang di bawah koordinasi Prof. Dr. Jacint Jordana, (IBEI, Barcelona, Spanyol), dan berdurasi 42 bulan.

Dalam proyek besar beranggotakan sebelas lembaga, yang membentuk konsorsium,  yakni:

Untuk risetnya sendiri terbagi menjadi 10 bidang atau “Working Package” (WP). Tim Departemen HI yang beranggotakan Prof Tirta, N Mursitama, Dr. Paramitaningrum, Dr. Lili Yulyadi, Dr. Charanpal Bal, dan Sukmawani Bela Pertiwi M.A, mengerjakan WP 3 (Trade) dan WP 5 (Climate Change).

Dalam workshop ini, beberapa anggota tim dari lembaga yang terlibat dalam riset, mempresentasikan data set yang mereka miliki, yang dapat dijadikan model untuk pelaksanaan riset ini. Selain itu di hari kedua, seluruh peserta diundang untuk menghadiri Panel Debate: Global Perspective on Trade in Global Governance, di Norway House, Brussels. Menghadirkan beberapa pembicara dari anggota konsorsium, serta pejabat dari Komisi Eropa, serta dari beberapa negara anggota Uni Eropa.

Setelah itu, Prof Tirta dan Paramita juga berkesempatan untuk memenuhi undangan makan malam bersama Yang Mulia Duta Besar Yuri Thamrin, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Belgia, Luxemburg dan Uni Eropa, beserta staf-nya, di Brussels. Di sini Bapak Thamrin berbagi info seputar hubungan Indonesia – Uni Eropa, termasuk isu terkini yakni pencekalan produk kelapa sawit Indonesia di pasar Uni Eropa.

Paramitaningrum