Teaching and Researching Europe 2019

Riau – Pada tanggal 24-25 April 2019, Dosen Departemen HI Binus, Paramitaningrum, Ph.D menghadiri dan sekaligus menjadi salah satu pembicara dalam Workshop “ Teaching and Researching Europe” yang diselenggarakan oleh FISIP Universitas Riau (UNRI) dan Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE), di Pekanbaru, Riau. Workshop ini diikuti oleh perwakilan dari 23 universitas dari Indonesia Barat sampai Timur.

Acara diawali dengan paparan yang disampaikan oleh ketiga pembicara:  (1) European Studies: The State of Discipline oleh Muhadi Sugiono, MA (UGM); (2) Curriculum of the European Studies, Mutia Hussin, MA (UMY); (3) European Research Agenda, Paramitaningrum, Ph.D (Binus University).

Di hari kedua, agenda yang diangkat adalah pembahasan tentang Anggaran Rumah Tangga KIKE dan rencana untuk meluncurkan European Studies Association in Indonesia (Asosiasi Studi Eropa di Indonesia). Dalam sesi ini, dibicarakan pula tujuan pembentukan asosiasi adalah agar KIKE dapat berpartisipasi dalam skema kegiatan riset dan pengembangan kapasitas yang diadakan oleh Komisi Eropa, dan juga untuk mengakomodasi kepentingan intelektual para anggota KIKE, yang berprofesi sebagai pengajar mata kuliah Kawasan Eropa di beberapa universitas di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan oleh KIKE selama satu tahun kedepan dalam bentuk pertukaran dosen, pembuatan modul, kegiatan riset bersama. Rangkaian kegiatan workshop ini kemudian diakhiri dengan peresmian berdirinya European Studies Association in Indonesia (Asosiasi Studi Eropa di Indonesia), di kampus Universitas Negeri Riau dan dihadir oleh pejabat tinggi Universitas tersebut.

Paramitaningrum