Temu Keakraban Mahasiswa Hubungan Internasional 2019, “Spectrum of IR”

Jakarta – Pada tanggal 21 September 2019, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) Binus University menjalankan salah satu program kerjanya untuk menyambut para mahasiswa baru hubungan internasional yang bernama Temu Keakraban Himpunan, dan mengambil tema “Spectrum of IR” pada tahun ini. Tema ini diambil dari istilah spectrum yang merupakan pantulan sebuah cahaya yang dapat menghasilkan berbagai macam warna. Jika dianalogikan, mahasiswa jurusan hubungan internasional BINUS University merupakan kumpulan satu cahaya yang apabila cahaya tersebut dipantulkan akan menghasilkan banyak warna. Macam-macam warna inilah yang merefleksikan perbedaan masing-masing dari setiap individu. Tetapi walaupun mereka berbeda-beda, namun perbedaan inilah yang menghasilkan keragaman yang indah. Tujuan dari TKH tahun ini adalah untuk mengenalkan para mahasiswa baru kepada lingkungan perkuliahan, HIMHI, jurusan, dan juga kepada teman seangkatan mereka yang diharapkan akan menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara mereka.

Pada tahun ini, TKH diketuai oleh Addira Defaldi Ridwan, dan dibantu oleh Regina Christanto sebagai sekretaris dan Novi Nurmalasari sebagai bendahara. Selain itu, dewan pengurus inti dibantu oleh divisi-divisi dibawah mereka. Divisi acara dipimpin oleh Ario Dipo Prawiro, divisi humas dipimpin oleh Anastasia Gabriella, divisi konsumsi dipimpin oleh Tashya Noviana Uwen, divisi Perlengkapan dipimpin oleh Gabriella Hira, divisi P3K dipimpin oleh Almira Zurafa, dan divisi transmanan dipimpin oleh Fahmi Irwan Bakri.

 Dimulai pada jam 9 sampai jam 17.00, TKH tahun ini diisi oleh berbagai mata acara. Mulai dari sesi sharing alumni, pengenalan proker-proker HIMHI, performance, sampai pada tahap bermain games. Mata acara utamanya adalah games yang menggunakan nilai-nilai yang terdapat dalam HIMHI (aktif, inovatif, tolak apatis). Terdapat 6 pos dalam permainan games, yaitu pos 1 terdapat HIMHI Bingo dimana peserta harus meminta tanda tangan para panitia TKH yang terdiri dari HIMHI, BSO dan jurusan dan harus diberi tantangan sebelum mendapatkan tanda tangan tersebut. Pos 2 yaitu pos BSO yang berisi dari perwakilan tiap BSO di dalam HI BINUS (IRB, BIRDS, FPCI). Pos 3 yaitu pos tolak apatis yang bermain pesan berantai. Pos 4 yaitu pos inovatif yang bermain memindahkan air. Pos 5 yaitu pos aktif yaitu mengisi TTS, dan Pos 6 adalah pos alumni yang bermain games dan juga melakukan sharing. Selain games, terdapat juga sesi sharing yang dilakukan oleh alumni dan pengenalan terhadap proker-proker HIMHI.

Setelah games selesai, setiap kelompok menampilkan performance berupa nyanyian yang diikuti oleh seluruh peserta TKH yang hadir. Setelah itu, terdapat awarding session untuk alumni dan bagi kelompok yang terbaik saat TKH dan ditutup oleh sesi foto bersama oleh seluruh warga hubungan internasional BINUS University yang hadir. (Anastasia Gabriella/2201824375)