Wakil HI Binus Menang di Duta Bahasa Binus 2020

Jakarta – Albert Antolis, Binusian 2022 dari Jurusan Hubungan Internasional berhasil menjadi Juara 1 Duta Bahasa Binus 2020. Pemillihan Duta Bahasa Binus merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Language Center Binus untuk memilih finalis Duta Bahasa terbaik. Duta bahasa itu sendiri berarti seseorang yang peduli dan peka terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan tanah air dan lebih daripada itu, sebagai identitas sejati Bangsa Indonesia.

Albert Antolis (kedua dari kanan), menjadi pemenang Pemilihan Duta Bahasa Binus 2020, berpose bersama Bp. Johan (Vice Rector Student Affairs and Community Development) dan Bu Elisa (Dean of Faculty of Humanities)

 

Finalis Duta Bahasa terbaik nantinya akan diikutsertakan dalam seleksi Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta, bahkan sistem dan tingkat kesulitan seleksi pun disamakan dengan sistem Pemilihan Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta, untuk mempersiapkan diri para finalis. Adapun tahapan-tahapan pemilihannya; tes wawasan kebangsaan dan bahasa; tes kepribadian; tes minat dan bakat; dan yang terakhir presentasi esai dengan topik “Andai Aku Menjadi Duta Bahasa”. 

Para finalis Pemilihan Duta Bahasa Binus 2020

Dalam acara Pemilihan Duta Bahasa Binus 2020, ada tiga orang mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang ikut serta yaitu Alesandro (Binusian 2023), Raul Jordan (Binusian 2022), dan Albert Antolis (Binusian 2022). Setelah proses yang cukup panjang, Raul dan Albert berhasil menuju babak Grand Final untuk berikutnya diuji kembali wawasan kebangsaan dan bahasa, serta menyampaikan visi dan misi.

Para finalis Pemilihan Duta Bahasa Binus berpose di Kijang Functional Chamber

Pengumuman pemenang Duta Bahasa Binus 2020 disaksikan dan dilantik langsung oleh Pak Johan selaku Vice Rector Student Affairs and Community Development, disaksikan oleh Manager of Language Center Binus, Head of Faculty of Humaniora, dan juga perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Binus (HIMHI). Kini, Albert tengah dipersiapkan untuk maju ke Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta 2020. Good luck, Al!