[YOUTUBE] Apa sih HI itu?

Resensi Video

Pada video ini, Prof. Tirta menjelaskan mengenai hubungan internasional sebagai suatu situasi dan sebagai suatu disiplin ilmu.

Para ahli menjelaskan bahwa hubungan internasional memiliki dua definisi yang berbeda, di mana (ir) adalah studi tentang hubungan internasional sebagai suatu fenomena umum hubungan antar pelaku dalam setting internasional, sedangkan Hubungan Internasional (IR) merupakan kajian tentang hubungan internasional sebagai suatu disiplin ilmu. Banyak yang mengatakan bahwa hubungan internasional adalah apa yang terjadi sehari saat ini di belahan dunia lain atau berita yang ada dan kita ketahui. Yang membedakan hubungan internasional dengan yang tidak adalah ketika berita-berita di televisi kemudian dianalisis, dikaji lebih dalam, diberikan makna, mengapa hal tersebut terjadi beserta alasannya, apakah hal tersebut bisa dicegah dan seharusnya seperti apa.

Jadi hubungan internasional adalah kajian yang membahas tentang fenomena internasional yang terjadi di belahan dunia manapun dan menyediakan pandangan analisis lebih dalam tentang akar masalah, mengapa hal tersebut terjadi, sebab-sebabnya, dan bagaimana solusi dari problema-problema internasional. Kebijakan domestik atau politik suatu negara tidak termasuk ke dalam hubungan internasional, namun kebijakan yang diambil oleh negara besar seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, Prancis, atau Jepang; dan apabila kebijakan negara tersebut berdampak kepada negara lain secara langsung maka menjadi kajian dari hubungan internasional.

Peristiwa yang terjadi pada suatu negara tidak menjadi kajian hubungan internasional karena banyak peristiwa yang sifatnya domestik atau nasional, hal ini yang membuat kajian hubungan internasional dan kajian domestik berbeda, yang dapat dianalisis menggunakan komparasi politik di mana dilakukan perbandingan politik suatu negara dengan negara lain tanpa interaksi. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan sulit memisahkan kajian domestik dan internasional.

Simak keseluruhan paparan Prof. Tirta di sini.

Brygitta Glory