[YOUTUBE] APA ITU PENELITIAN SOSIAL DAN DASAR – DASARNYA?

Resensi Video

Penelitian sosial adalah suatu pengamatan atau pencarian suatu fenomena sosial yang mengikuti kaidah-kaidah scientific yang menggunakan prosedur, dengan mencakup teori dan juga akhirnya mendapatkan kesimpulan. Biasanya penelitian sosial mencakup tentang masyarakat atau society maka dari itu disebut dengan penelitian sosial. Dimungkinkan sekali dalam penelitian sosial juga meneliti tentang individu dalam suatu kelompok, biasanya penelitian ini dilakukan oleh pakar sosiologis, psikologis, ekonom, dan ahli politik dan praktisi hubungan internasional untuk meneliti tentang aktor antar negara maupun non-negara.

Dengan demikian, penelitian sosial bukan hanya mengandalkan common sense namun merupakan suatu pengamatan, pencarian kembali terhadap suatu topik yang menggunakan kaidah-kaidah scientific, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Jarang sekali penelitian sosial hanya mencakup semata-mata hidup seseorang, walaupun pengalaman hidup seseorang dapat dijadikan salah satu informasi dalam penelitian tersebut. Jadi harus mengikuti prosedurnya, mekanismenya bagaimana dalam memproduksi pengetahuan. Dengan demikian dengan metode yang digunakan akan melahirkan sesuatu yang objektif.

Penelitian sosial sebagai suatu proses scientific menghasilkan sesuatu yang di luar harapan, awalnya mengharapkan bahwa suatu penjelasan terhadap suatu fenomena adalah A, namun dengan adanya penggalian lebih dalam ternyata hasilnya adalah B, maka dari itu sah-sah saja. Penelitian sosial terbuka dengan hasil akhir selama dilakukan lewat proses yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena pada dasarnya subjek dari penelitian sosial adalah manusia, individu, masyarakat di mana ada perilaku yang diamati. Tentu sangat sulit, merupakan suatu tantangan tersendiri untuk mengukurnya.

Untuk itu penelitian sosial juga merupakan penelitian yang empiris, yaitu penelitian yang mengasumsikan bahwa fakta-fakta atau data sudah ada sebelum suatu teori dapat menjelaskannya. Harus berdasarkan suatu teori yang menjelaskan bagaimana sesuatu itu terjadi, bukan menjelaskan tentang apa sebaiknya yang harus dilakukan dari sebuah fenomena. Yang kedua pondasinya adalah suatu pola sosial yang harus berlangsung secara rutin, biasanya fenomena ini yang terjadi di masyarakat menurut norma dan values yang ada di dalam masyarakat.

Simak paparan lengkap Prof Tirta di https://www.youtube.com/watch?v=03xDCmeLoqg

Brygitta Glory