[YOUTUBE] APAKAH PENGERTIAN RISET ITU?

Resensi Video

Riset adalah penelitian, berasal dari kata re dan search, mencari sesuatu yang baru menjadi hakikat dari kata research, bagaimana kita mencari sesuatu yang baru, mencari sesuatu di belakang kejadian, fenomena atau mencari penyelesaian masalah lewat research atau penelitian. Namun ada perbedaan antara penelitian dan pengamatan sehari-hari karena penelitian adalah suatu pengamatan yang sistematis, menggunakan metodologis, atau cara-cara baik prosedur ilmiah dalam pengetahuan. Cara membedakan penelitian dengan investigasi atau pengamatan. Yang pertama, penelitian itu memiliki suatu kerangka/framework tertentu dari kaidah-kaidah ilmu pengetahuan yang disepakati dalam suatu disiplin ilmu tertentu, tidak bisa hanya berdasarkan pengetahuan kita apa adanya.

Yang kedua, menggunakan suatu prosedur, tata cara, metode, Teknik-teknik tertentu, yang jelas berbeda dari masing-masing disiplin ilmu, misalnya pendekatan kualitatif yang berbeda dengan kuantitatif. Yang ketiga, penelitian itu didesain secara khusus agar tidak bias. Riset pada dasarnya adalah ingin menjelaskan terhadap suatu kejadian, suatu fenomena mengapa suatu kejadian atau fenomena yang terjadi dalam dunia ini terjadi seperti ini.

Kemudian adanya proses yang dilakukan secara terencana, teratur, sistematis sehingga informasi-informasi yang diperoleh bisa terpercaya. Kemudian dalam proses ini bisa juga dilakukan secara kreatif, dalam mencari penelitian tertentu ada proses yang berbeda dengan penelitian yang lain, dengan proses itu tentu ada suatu prosedur yang baku bagaimana proses tersebut ada sesuatu yang kreatif yang bisa berkembang. Temuan itu bisa menjadi dasar temuan-temuan yang lain sehingga tidak saklek hanya ada satu temuan saja, bisa lewat wawancara, mencari data yang menuntun kita ke arah yang lain.

Cara membedakan hal yang bukan research, yang pertama kita menemukan sesuatu peristiwa yang diketahui secara baru, itu bukan penelitian karena itu hal yang terjadi sehari-hari. Yang kedua, penelitian bukan semata-mata pengumpulan data, tanpa prosedur atau mekanisme yang jelas. Itu bukan research, namun data collection menjadi bagian dari research. Yang ketiga, jika hanya mencari data-data di internet atau perpustakaan bukan termasuk research.

Simak paparan lengkap Prof Tirta di https://www.youtube.com/watch?v=J6FZPIY73c0

Brygitta Glory