[YOUTUBE] TUJUAN PENELITIAN : EKSPLORATIF, DESKRIPTIF, EKSPLANATIF, DAN EVALUATIF

Resensi Video

Dalam penelitian sosial umumnya ada empat tujuan penelitian, yaitu eksploratif, deskriptif, eksplanatif, dan evaluatif. Penelitian eksploratif merupakan sebuah penelitian yang ingin menggali sesuatu hal yang baru, yang belum banyak diketahui oleh khalayak, sehingga ingin dikaji lebih dalam, biasanya menyangkut fenomena kontemporer, atau terkini. Tujuannya adalah menyusun teori-teori awal yang belum mapan sehingga bisa digunakan untuk penelitian selanjutnya. Biasanya setelah menjadi sangat familiar dengan data, fakta, dan informasi awal, fenomena-fenomena ini dapat menjadi perhatian lebih. Eksplorasi tersebut juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lanjutan. Penelitian ini dilakukan lewat sumber-sumber data yang tertulis dan terbatas, sehingga kebenarannya harus dilihat lebih dalam.

Tujuan penelitian yang kedua adalah deskriptif, di mana dalam penelitian ini peneliti memaparkan secara kronologis data dan fakta yang ada di lapangan, lebih menjelaskan mengenai proses, aktor, sebab akibat yang terjadi di lapangan; apakah berupa hubungan, interaksi, mekanisme yang menjadi satu latar belakang penelitian itu sendiri. Penelitian deskriptif sering dilakukan lewat penelitian terapan, serta menggunakan pendekatan historis dan kronologis yang terjadi di lapangan sehingga perlu melakukan pengamatan langsung. Penelitian ini umumnya dimaksudkan untuk mendapatkan pandangan masyarakat.

Ketiga, penelitian eksplanatori. Penelitian ini jauh lebih dalam, tajam, dan detail dibanding penelitian yang lain. Penelitian eksplanatif menjelaskan hal-hal di balik fenomena, di balik sesuatu yang terjadi sehingga mengetahui alasan-alasan mengapa fenomena itu terjadi. Dengan demikian penelitian ini tidak hanya berupa suatu deskripsi suatu kejadian saja, melainkan juga merupakan upaya untuk melakukan uji terhadap suatu teori. Untuk tujuan ini biasanya menggunakan teori-teori tertentu yang secara deduktif dikembangkan sehingga memiliki hipotesis dengan variabel-variable yang ada, yang umumnya dilakukan di penelitian dasar.

Yang keempat adalah penelitian evaluatif, yang merupakan suatu penilaian efektivitas dari satu kebijakan yang ada, atau suatu perubahan sosial yang diharapkan terjadi ketika kebijakan tersebut ditempuh.

Simak paparan lengkap Prof. Tirta di https://www.youtube.com/watch?v=TYXnkyjfsJo

Brygitta Glory