CERITA FL OTP FYP 2020: Batch CBN

Seniorita Putri Sinarhati – CBN08-05 – 2301861320 .

Menjadi Freshmen Leader di masa pandemi dan liburan kuliah ini benar-benar mengajarkan saya banyak hal. Saya lebih mampu untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang harus diberikan kepada freshmen, berusaha belajar sabar saat freshmen menanyakan hal yang sama berulang-ulang kali, mengenal teman-teman baru lewat aplikasi media sosial serta zoom dan juga banyak mendapat teman baru dari jurusan saya dan jurusan lain yang belum saya ketahui. FYP tahun ini memiliki sistem yang baru daripada FYP sebelumnya yang dilakukan secara on site.

Seniorita Putri Sinarhati (doc. pribadi)

Banyak freshmen baru yang mengeluhkan kurangnya pengetahuan dari Binus bahwa pemberitahuan FYP via Microsoft Outlook dan saya selaku FL juga merasa susah untuk menjangkau freshmen saya yang belum paham fungsi Outlook serta Ms Teams. Banyak dari freshmen yang mengeluhkan soal banyaknya tugas yang diberikan dan saat submit Binusmaya yang error serta keterlambatan dalam penginputan data oleh Binus.

Pernah suatu kali freshmen saya mengeluhkan kenapa setiap hari selalu ada tugas padahal mereka baru masuk dan saya menjelaskan bahwa ini memang sebuah awal dari perkuliahan dan harus berusaha untuk terbiasa. Menghubungi freshmen juga benar-benar menjadi PR saya karena saya harus mencari sendiri freshmen yang belum bisa dihubungi via social media Instagram dan untungnya ketemu.

Saat pelaksanaan zoom meeting pertama kali banyak sekali yang belum bisa mengakses email Binus untuk zoom padahal sudah diberi panduan untuk mengaksesnya. Ada juga freshmen yang belum pernah menggunakan zoom dan harus benar-benar dituntun sedari 0. Pada saat di akhir tugas saya sempat benar-benar berusaha sabar karena permasalahan citation dan telat submit.

Masih sering freshmen saya yang tidak submit tugas di Binusmaya tepat waktu padahal saya telah memberikan detail deadline-nya. Kemudian ketika 2 orang freshmen saya diterima PTN saya sempat sedih sekaligus bahagia karena mereka mampu mendapatkan apa yang mereka harapkan. FL tahun ini benar-benar banyak memberikan saya pelajaran untuk bertanggung jawab, sabar, dan juga teliti.

 

Gabriella Alvindi – CBN08-08 – 2301852820

Saya merasa sangat bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk menjadi seorang Freshmen Leader tahun ini. Selama saya menjadi Freshmen Leader, saya benar-benar belajar banyak sekali hal terutama dalam hal kesabaran dan leadership. Selama OTP ini berjalan, banyak terdapat suka-duka yang saya alami. Mulai mencari keberadaan para Freshmen melalui media sosial, sampai kadang suka desperate sendiri karena menjelang OTP dimulai, masih banyak Freshmen yang belum dapat dijangkau dan dihubungi. Namun ketika seluruh Freshmen terkumpul dalam grup LINE, saya sudah merasa jauh lebih lega.

Gabriella Alvindi (doc. pribadi)

Saya juga sangat senang karena pada saat saya memberikan ide untuk melakukan Zoom Meeting agar freshmen saya akan merasa lebih dekat dan nyaman untuk berinteraksi di group LINE karena sudah lebih mengenal satu sama lain. Zoom Meeting pertama tersebut berjalan sangat lancar dan hasilnya memang para Freshmen menjadi lebih dekat dengan saya secara pribadi dan tidak segan-segan untuk curhat mengenai segala hal.

Pada saat OTP berjalan, tidak ada kendala sama sekali karena setiap Freshmen antusias dalam kegiatan orientasi ini, kecuali 1 Freshmen. Freshmen tersebut merupakan satu-satunya freshmen yang tidak pernah aktif dan tidak mengerjakan tugas-tugas. Karena saya lama-kelamaan kesal juga, akhirnya saya langsung konfrontasi kepada freshmen tersebut secara personal, dan akhirnya dia pun mulai aktif dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

Selanjutnya, dalam pengerjaan position paper seluruh freshmen juga mengerjakan bagian dan tugasnya dengan sangat baik. Kami sering melakukan group LINE call untuk saling berdiskusi dalam pembuatan position paper ini agar dapat selesai dengan maksimal. Namun pada hari terakhir dalam pembuatan position paper ini, tiba-tiba terdapat 1 Freshmen yang baru dapat dihubungi sehingga Freshmen tersebut tidak mengerjakan apa-apa.

Pada saat sesi VICON terakhir yang menggunakan platform Padlet, seluruh anggota Freshmen CBN08-08 benar-benar quality time banget! Kita sampai Zoom Meeting 2.5 jam sendiri karena para Freshmen belum ingin udahan, hehehe seneng banget. Setelah Zoom Meeting tersebut, para Freshmen memberikan saya ucapan terima kasih karena sudah dibimbing dengan baik dengan mengirimi saya minuman. Gemes banget jadi seneng hehe. Saya benar-benar bersyukur dan beruntung memiliki Freshmen yang sangat aktif dan baik.

Akhir kata, saya ingin memberikan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya untuk para Freshmen Leader lainnya dan FYPL yang sudah sangat membantu saya tanpa mengeluh selama OTP ini dan sudah bekerja juga bertanggung jawab dengan sangat baik. Terima kasih karena telah menunjukkan kepada saya contoh leadership yang baik.

Seniorita Putri Sinarhati & Gabriella Alvindi