CERITA FL OTP FYP 2020: Batch DBN

Sylvia Khaterina Yap – DBN08-08 – 2301882634

Pertama-tama saya berterima kasih karena telah diberi kepercayaan sebagai Freshmen Leader, karena menjadi FL merupakan suatu hal yang membanggakan buat saya. OTP membuat saya mengembangkan soft skill dalam diri seperti berbicara di muka umum, menjadi pemimpin, membuat keputusan, sampai melatih kesabaran.

Sylvia Khaterina Yap (doc. pribadi)

Selama OTP berlangsung, pastinya saya merasa lelah tetapi semua itu terbayar dengan pengalaman seru serta point-point kehidupan yang dapat diambil. Beberapa freshmen bisa dikatakan pasif dalam OTP ini, sehingga diperlukan bimbingan yang ekstra dibanding freshmen lainnya. Pada awalnya saya memegang 7 freshmen tetapi setelah ada update, ternyata ada beberapa tambahan freshmen sehingga total saya memegang 11 Freshmen dengan 10 Freshmen yang aktif. Untungnya freshmen yang masuk di akhir-akhir sebelum batch berlangsung sangat kooperatif, sehingga mereka tidak tertinggal sesi OTP. Malahan Freshmen-Freshmen yang masuk detik-detik sebelum OTP mulai mempunyai semangat lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Pada 2 hari sebelum OTP berakhir, saya mendapatkan data nomor telepon freshmen yang tidak aktif tersebut untuk dihubungi lebih lanjut. Ternyata setelah saya hubungi melalui WA, nomor pribadi yang didaftarkan merupakan nomor Ayahnya. Dan setelah dihubungi lebih lanjut melalui telepon, freshmen tersebut masih mengharapkan PTN sehingga tidak fokus ke Binus dan sampai sekarang freshmen tersebut kurang kooperatif. Karena seharusnya freshmen tersebut bisa mengikuti sisa 2 hari OTP tetapi saat ditanya hanya dibaca saja pesannya, selain itu orang tua freshmen juga tidak memberi kontak pribadi anaknya. Sehingga sampai sekarang saya hanya kontak freshmen tersebut melalui Ayahnya.

Pada sesi OTP DBN juga ada pembuatan position paper, sayangnya freshmen-freshmen dalam position paper kurang aktif, sehingga hanya 2/3 freshmen yang mengerjakan position paper. Tapi di luar itu, freshmen yang aktif sangat cepat mengerjakan tugas dan sangat kooperatif, mereka mau untuk melakukan research dan cukup cepat dalam menangkap informasi-informasi yang saya sampaikan.

Di Lain hal itu, saya berterima kasih kepada semua Freshmen Leader serta FYP Leader, karena OTP tidak mungkin berjalan lancar tanpa adanya kekompakan dan rasa solidaritas dari satu sama lain.

Syarah Fitria – DBN08-07 – 2301884671

Sebagai Freshmen Leader tentu merasa bangga dapat menjadi bagian dari First Year Program Binusian 2024. Pengalaman ini tentunya menjadikan saya sebagai pribadi yang lebih bertanggung jawab terhadap suatu kegiatan terlebih saya sebagai Leader diharuskan dapat membantu, membina, serta membimbing Freshmen yang akan melanjutkan pendidikannya di dunia perkuliahan.

Walaupun dengan keadaan pandemi seperti ini tidak menjadi suatu penghalang bagi kita semua untuk tetap gigih dalam melakukan kegiatan yang semestinya tetap dilakukan. Adanya OTP online ini tentu juga dapat mengasah kemampuan kita dalam bagaimana kita menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik, bermanfaat juga bijaksana.

Syarah Fitria (doc. pribadi)

Sejak saya membantu dan membimbing Freshmen saya dalam Grup DBN08-07 sangat banyak hal-hal yang dapat dipetik dari awal memulai OTP hingga hari ini. Dari yang berawal tidak kenal freshmen satu dengan freshmen yang lainnya, serta banyaknya perbedaan latar belakang pendidikan, serta banyaknya perbedaan kota justru saya dan juga freshmen dapat mengenal serta menghargai perbedaan.

Dengan adanya OTP ini juga, jadi menuntut saya dan juga freshmen agar tetap terus berkomunikasi, bekerjasama, agar terciptanya bonding satu dengan yang lainnya. Banyaknya tugas yang diberikan kepada freshmen menurut saya justru membantu para freshmen dalam memahami dan mengaplikasikan aplikasi-aplikasi apa yang nantinya akan digunakan oleh mereka dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas.

Sebagai penutup, FYP kali ini mungkin berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, segala sesuatu pasti ada plus minusnya, tetapi hal ini tentunya bukan penghalang kita sebagai generasi muda dalam mengekspresikan dan mengasah skill-skill kita dalam melaksanakan segala kegiatan, justru ini adalah hal baru yang patut kita banggakan karena kita telah berhasil melaksanakan segala kegiatan FYP online ini.

Terimakasih semuanya atas pengalaman yang sangat berharga ini, sukses selalu untuk kita semua.

Sylvia Khaterina Yap & Syarah Fitria