Ambassadorial Lecture (The European Union: Foreign Policy Outlook)

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) memiliki program rangkaian pengajaran mengenai kebijakan luar negeri dan hubungan internasional yang bernama FPCI Ambassadorial Lecture. Ambassadorial Lecture ini berkolaborasi dengan Uni Eropa dimana rangkaian diskusinya dapat dihadiri oleh para FPCI Chapters, penggiat kebijakan luar negeri, dan kepada publik yang tertarik untuk mempelajari bermacam aspek dari hubungan bilateral Indonesia dan Uni Eropa. Pada tanggal 18 Maret 2021, FPCI berkesempatan untuk melaksanakan episode kedua Ambassadorial Lecture di tahun 2021 secara virtual yang berjudul “The European Union: Foreign Policy Outlook” yang dibawakan oleh H.E. Vincent Piket, selaku Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam.

FPCI Chapter BINUS University turut antusias menghadiri Ambassadorial Lecture yang kedua ini di tahun 2021. Antusiasmenya terlihat dari adanya 48 peserta dari BINUS University yang hadir pada acara kali ini. Para peserta dari FPCI BINUS berdatangan dari mahasiswa jurusan Hubungan Internasional BINUS University. Kegiatan diskusi bersama seoarang duta besar adalah kesempatan yang sangat baik untuk didapatkan oleh mahasiswa HI sebab wawasan yang diberikan oleh Duta Besar dapat sangat membantu pembelajaran mahasiswa HI. Pada Ambassadorial Lecture yang kedua pada tahun 2021, wawasan yang diberikan oleh H.E. Vincent Piket adalah mengenai prioritas global Uni Eropa, kepentingan-kepentingan Uni Eropa setelah Brexit dan perluasan, fokus Uni Eropa terhadap Indo-Pacific, dan secara keseluruhan adalah outlook dari kebijakan luar negeri Uni Eropa.

Tentunya, terdapat perwakilan dari FPCI BINUS dalam memberikan pertanyaan kepada Duta Besat Vincent Piket, dimana ada dua mahasiswi yang memiliki kesempatan dalam menyampaikan pertanyaannya yaitu Helen dan Kayaka. Pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan kebijakan vaksin para negara anggota Uni Eropa dan kebijakan Uni Eropa secara geopolitik. Kemudian, setelah sesi tanya-jawab selesai, pada pengajaran kali ini, FPCI berinovasi untuk membawakan kuis di akhir sesi dan peserta yang beruntung bisa mendapatkan hadiah dari Uni Eropa. Hal ini sangat menarik perhatian para peserta untuk turut berkontribusi dengan lebih aktif.

Saksikan juga di link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=aoeTnOoTrJ0

FPCI Chapter BINUS University