Open Foreign Policy Discussion (FPD II) “Normalization Of Indonesia-Israel: Will It Happen?

Pada Sabtu, 3 April 2021, Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Chapter BINUS University berfungsi sebagai wadah bagi para anggota yang terlibat agar dapat saling melengkapi dengan bertukar pikiran dan pendapat, mengasah keterampilan manajerial, memperluas kapabilitas jaringan, dan menciptakan kemitraan yang berkelanjutan dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Hal ini kemudian dituangkan dalam bentuk kegiatan berupa Foreign Policy Discussion (FPD). Foreign Policy Discussion sendiri merupakan sebuah forum diskusi yang diadakan dua minggu sekali secara rutin baik secara internal maupun terbuka untuk publik, bagi semua member aktif dan non-aktif FPCI, serta enthusiast Foreign Policy agar dapat menyuarakan opini mereka terhadap kasus dalam diskusi kami serta mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat.

Pada tanggal 3 April 2021, FPCI BINUS berkesempatan untuk menyelenggarakan FPD secara public yang dinamakan Open FPD. Topik serta judul yang FPCI BINUS garap adalah “Perspective on Normalization of Indonesia-Israel: Will it happen?” Pembawa materi dalam episode FPD kali ini adalah Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, Profesor Global Political Islam di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Jakarta. Pembicaraan dimoderasi oleh Tia Mariatul Kibtiah, Dosen jurusan Hubungan Internasional BINUS University dimana beliau ahli dalam studi HI kawasan Timur Tengah. Tema ini sendiri kami pilih karena saat ini dunia sedang mengalami  perubahan secara global karena hubungan diplomatik antara Israel dengan negara-negara Arab atau Islam sudah mulai terbuka. Hal ini sendiri membuat kami bertanya apakah hal ini akan membuka pintu bagi Indonesia untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dan apakah dampaknya di politik luar negeri karena tentunya isu ini merupakan isu yang sangat sensitif bagi negara-negara yang memberi dukungan yang sangat besar terhadap rakyat Palestina.

Acara ini berjalan dengan dibukanya oleh MC dari staff FPCI BINUS, dilanjutkan dengan opening remarks oleh Belinda Nur Fadillah, selaku President Director FPCI Chapter BINUS University tahun 2021, kemudian pendahuluan materi dibawakan oleh Mba Tia Mariatul Kibtiah yang pada akhirnya Prof. Dr. M. Din Syamsuddin membawakan materi secara akademis serta diskusi bersama para peserta yang bertanya. Open FPD kali ini sangat interaktif sebab antusiasme para peserta lebih dari ekspektasi yang diperkirakan. Terdapat sekitar 100 lebih peserta yang hadir dari segala penjuru universitas, FPCI Chapters, dan para penggiat kebijakan luar negeri. Sayangnya, tidak seluruh pertanyaan dapat dijawab oleh Prof. Din karena keterbatasan waktu. Acara ini membawakan pelajaran bahwa dengan syarat-syarat dan kondisi tertentu, Indonesia dapat memiliki hubungan diplomatik  dengan Israel. Meskipun demikian, hal ini tidak akan terjadi dalam waktu yang dekat.

Saksikan juga di link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=wVnQ8TfHqZM

FPCI Chapter BINUS University