Prestasi IR Binus di Daratan Eropa (Ljubljana, Slovenia)

LAPORAN BIRDS PADA SALIENT YOUTH CONFERENCE 202

Salient – Youth Conference Model United Nations 2021  (Salient MUN) merupakan sebuah lomba yang diselenggarakan oleh pihak Salient dalam platform online. MUN ini terbilang bergengsi terutama untuk Binus International Relations Dialectic Society (BIRDS) karena MUN ini diselenggarakan di Eropa, tepatnya di Ljubljana, Ibukota Slovenia dan diikuti oleh delegasi-delegasi yang berasal dari Belgia, Bosnia, Republik Ceko, Spanyol, India dan lain lain pada tanggal 28-30 Juni 2021. BIRDS mengiirimkan 6 delegasi unggulan mereka pada kesempatan ini.

Adapun untuk biodata dari delegasi yang mengikuti Salient – Youth Conference sebagai berikut:

Nama Council Negara
Ryuki Ritchie Harahap (Head Delegate)

(2301945894)

African Assembly Rwanda
Nabila Widya A. L.

(2301944973)

African Assembly Mali
Febiola Rondonuwu

(2301893890)

African Assembly Botswana
Weilie Winaldy Sugianlie

(2440037014)

African Assembly Egypt
Rizky Liberty Siajaya

(2301896513)

African Assembly Chad
Kayaka Nathanindya Davina

(2440045262)

African Assembly Ethiopia

Dalam persiapan para anggota, BIRDS menyelenggarakan latihan-latihan intensif diluar latihan-latihan yang rutin. BIRDS memahami bahwa hal yang harus dipersiapkan para anggota adalah kepercayaan diri dalam menghadapi para delegasi-delegasi internasional khususnya yang berasal dari Eropa. Selain itu, harus diperhatikan pula kualitas substansi yang harus dibawa oleh para Anggota BIRDS. Untuk menstimulasi penguasaan substansi tersebut. BIRDS merasa perlu untuk mendapatkan pelatihan tambahan dari alumni yang memang memiliki keahlian dalam menguasai langkah-langkah riset sebelum lomba. Para delegasi yang tergabung dalam latihan intensif ternyata memiliki rasa kekeluargaan yang erat dan menurut kami inilah hal yang terpenting karena dalam mengikuti lomba, tidaklah harus selalu formal, hal ini membantu dalam aspek penguasaan demam panggung yang para delegasi sempat rasakan. Lomba berjalan amat kompetitif dan delegasi BIRDS berulang kali mendapat tekanan dari blok-blok lawan.

Semua latihan yang kami lakukan ternyata membuahkan hasil, salah satu mahasiswa Hubungan Internasional (anggota BIRDS) yakni Ryuki Ritchie Harahap berhasil mencetak prestasi di tanah Eropa. Ia meraih Honorable Mention (setara dengan juara 2) pada council African Assembly yang diikutinya. Prestasi internasional yang amat membanggakan dan kami berharap bahwa para anggota BIRDS yang lain dapat mengikuti semangat dan juga fighting spirit yang diperlihatkan keenam delegasi ini.

 

Ryuki Ritchie Harahap