Penghargaan bagi BIRDS dalam UDAYANA BALI MUN 2021

Udayana Bali Model United Nations (UBMUN) 2021 adalah sebuah kompetisi tahunan yang diadakan HIMAHI Universitas Udayana pada tanggal 6-8 Agustus 2021 secara daring. Setelah mengadakan sesi bimbingan, BINUS International Relations Dialectic Society (BIRDS) mengirim 5 delegasi pada dua council yang berbeda, yaitu:

Nama & NIM Mahasiswa Council Negara
Rizky Liberty Siajaya (Head Delegate) (2301896513) ILO Pakistan
Zahra Zafira Riezqita

(2301855601)

ARF Australia
Febiola Gabriela Rondonuwu (2301893890) ILO Bangladesh
Angela Shannon Farren Tumbol (2301901583) ILO Egypt
Dina Novita Ramadhani (2301887862) ILO Sudan

Sebelum dimulainya, BIRDS memfasilitasi para delegasi dengan latihan rutin serta beberapa sesi latihan intensif dengan maksud mempersiapkan para delegasi agar siap menghadapi berbagai hal terkait MUN. Inklusivitas juga dijunjung oleh BIRDS dengan melibatkan Badan Semi Otonom (BSO) lain dalam persiapan dan latihan intensif sebelum menghadapi konferensi Model United Nations tersebut. BIRDS melibatkan para anggota FPCI Chapter BINUS dalam pelatihan guna meningkatkan pemahaman para delegasi baik secara substansi maupun mekanisme. Beberapa hal yang menjadi fokus latihan adalah mekanisme dan teknis MUN, substansi perdebatan, position paper, serta berbagai tips untuk menghadapi berbagai macam situasi yang bisa saja timbul selama MUN. Selain itu, keinginan untuk terus belajar dan mengusahakan yang terbaik, sambil tetap mengapresiasi pengalaman dan pelajaran yang akan didapatkan dari kegiatan tersebut terus ditanamkan oleh BIRDS kepada para delegasi.

 

Terjadi perdebatan yang sengit antara delegasi-delegasi yang hadir pada Udayana Bali MUN 2021. Meskipun diliputi suasana yang bergejolak ini, para delegasi BIRDS mampu memberikan kontribusi aktif dalam berbagai diskusi. Dengan syukur dan puji kepada Tuhan, delegasi BIRDS berhasil meraih dua penghargaan dari council International Labor Organization (ILO). Penghargaan yang didapatkan adalah Best Position Paper yang diraih oleh Febiola Gabriela Rondonuwu dan Honorable Mention yang diraih oleh Rizky Liberty Siajaya. Prestasi BIRDS dalam Udayana MUN 2021 mendorong organisasi ini untuk terus meningkatkan performa dan kualitasnya terutama dalam bidang ini. Segala pencapaian maupun pengalaman yang diperoleh dari Udayana Bali MUN 2021 diharapkan dapat menjadi penyemangat dan pendorong agar para mahasiswa selalu berusaha untuk berjuang dan mengembangkan diri, tanpa lupa bekerja sama dalam mencapai tujuan atau prestasi yang diinginkan.