BERKULIAH SAJA, APAKAH CUKUP?

Kalian sering gak sih dengar istilah “Kupu-Kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang)”, “Kura-Kura (Kuliah Rapat – Kuliah Rapat)”, Himpunan Mahasiswa, MUN (Model United Nations), dan istilah atau singkatan lainnya yang kalian sampai gatau artinya apa? Kuliah kalau kata orang-orang itu dianggapnya sebagai fresh start. Entah kamu dari kota mana, ras apa, suku apa, datang dari SMA/SMK mana, semuanya hanya jadi sejarah. Apa yang kamu lakukan saat berkuliah menjadi branding utama kalian ketika beranjak ke dunia kerja.

Membangun citra diri yang mempesona itu antara mudah dan sulit lho, banyak orang yang punya berbagai perspektif berbeda bagaimana untuk membangun citra. Ada yang menganggap kalau yang penting jadi orang yang murah tangan, ada yang beranggapan memiliki IPK yang mencengangkan, ada yang beranggapan harus bekerja keras dan nyicil cari duit, dan ada juga yang beranggapan untuk harus berlatih untuk bersaing karena di dunia kerja esok harus siap bersaing melawan jutaan orang. Tetapi sebenarnya semua itu dibutuhkan dan bisa dilakukan secara bersamaan lho.

 Kuliah itu menjadi wadah untuk kita mempelajari ilmu secara akademik, minat kita dalam dunia akademik kita pelajari secara teoritis, dari textbook, dari berbagai jurnal, tapi sepertinya itu kurang cukup ya untuk menjadikan kalian sebagai manusia yang “lengkap” seperti yang dideskripsikan di paragraf sebelumnya. Nah dari situ peran berbagai organisasi dan lomba, baik itu di dalam kampus dan di luar kampus.

Para readers ini mungkin sering lihat dari berbagai sosmed dan dengar dari berbagai orang seperti:

  • “Jadi Kupu-Kupu emang salah? Itu kan pilihan.”
  • “Ngapain sih ikut organisasi? Mending part-time atau internship.”
  • “Mending ngembangin bisnis daripada ikut organisasi atau lomba.”
  • Dan masih banyak lagi “Mending” ini “Mending” itu.

Jadi sebenarnya kita harus ngapain sih? Teman-teman yang tertarik buat merasakan dunia kerja yang nyata dan keras itu harus banget loh, tapi sebenernya basic, fondasi, fundamental dari kehidupan kerja itu apa sih? Ya organisasi dong. Organisasi itu menjadi wadah yang tepat untuk kita belajar memanage baik itu event, manusia, sumber daya, dan memahami struktur yang bakal kita jumpai loh di dunia kerja. Artinya apa? Sebelum temen-teman bisa masuk ke dunia kerja baik itu part-time maupun internship, butuh banget loh yang namanya pengalaman di organisasi, mumpung gratis, hanya modal tenaga dan waktu. Para petinggi disana juga butuh loh orang yang sudah punya pengalaman di organisasi, karena disitu mereka tidak perlu mengajarkan kalian cara berkomunikasi dengan orang, berinteraksi, memanage orang dan sumber daya dari nol.

Mahasiswa HI Binus bersama dosen dan staf jurusan HI Binus dalam acara Welcoming to Prodi (FYP 2021)

Namanya manusia juga pasti harus memiliki daya saing dan competitive edge. Hal itu bisa datang dari sifat alami tetapi ada juga yang butuh dipancing, makanya kalian bisa memunculkan daya tersebut kalau ikut lomba. HI sebagai ilmu yang luas itu bisa nyobain lomba apa aja lho, dari MUN, debate, speech, jurnal ilmiah, business model, dan masih banyak lagi. Semua lomba itu bisa dicoba, dan jangan pernah takut dan berpikir “ah nanti juga ga bakalan menang gue.” Lah ngapain mikirin menang kalah kalau sebenarnya yang paling penting itu mencoba, orang yang jadi juara-juara lomba itu bukan karena keajaiban semalam aja lho. Mereka pasti sudah banyak jam terbang, belajar dari berbagai sumber, dan yang terpenting ga pernah menyerah. Jadi buat apa sih kita takut-takutan buat ikut lomba kalau memang tujuan utama kita mengembangkan diri, skill, dan juga daya saing kita.

Dari semua yang disebutkan diatas, yang menjadi motivasi utama kalian untuk mau melakukan berbagai kegiatan selain ikut kelas adalah mencari pengalaman. Kalian coba deh, bikin hitung-hitungan kalian kuliah empat tahun itu habis berapa juta, kira-kira itu uang yang sedikit atau ga. Kalian juga pikirin deh dengan biaya yang kalian keluarkan buat menimba ilmu memangnya worth it ya kalau cuma untuk berangkat ke kampus atau nyalain laptop untuk dengerin dosen kalian kasih materi. Pengalaman yang kalian bisa peroleh di perkuliahan itu tak terbatas dan juga bisa aja gratis loh, ya walaupun bisa aja keluar duit memangnya berapa sih dibanding uang kuliah kalian? Pada akhirnya empat tahun kalian berkuliah saja itu ga cukup loh kalau kalian ga ada kemauan untuk mencari pengalaman, coba kenali dunia luar dulu sebelum kamu terjun. Segala upaya jerih payah kamu tentunya akan membangun dirimu menjadi individu yang istimewa dan semakin siap untuk selalu level up.

Yuk kita simak anak-anak HI Binus yang berprestasi:

Nathanael Juan Veron Wirawan