SAVOIR FAIRE 2021: Coaching Clinic

Coaching Clinic merupakan salah satu rangkaian kegiatan Savoir Faire 2021. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh freshmen Hubungan Internasional BINUS University. Dalam Coaching Clinic ini, mereka akan membahas mengenai topik Short Diplomatic Course (SDC) dalam Savoir Faire 2021, di mana topik tersebut berangkat dari materi streaming jurusan Hubungan Internasional BINUS University, yaitu Security Studies, International Political Economy and Business Diplomacy, dan Contemporary Issues and New Media. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara mendalam terkait topik dan council yang ada sebagai fondasi dasar untuk membantu para freshmen agar lebih kritis terhadap suatu isu, terlebih lagi pada topik pembahasan yang diminati oleh setiap freshmen.

Maka dari itu, pada tanggal 13 September 2021, dilaksanakanlah rangkaian acara Coaching Clinic. Rangkaian acara ini sangatlah penting bagi para freshmen Hubungan Internasional BINUS University. Acara ini dibagi menjadi tiga ruang breakout dengan fokus topik dan pembawa materi yang berbeda disesuaikan dengan streaming di jurusan Hubungan Internasional, yang juga merupakan council dari SDC pada tahun ini. Pembawa materinya tak tentu, tak lain berasal dari dosen-dosen Hubungan Internasional BINUS University. Dosen-dosen yang berkesempatan hadir dan membawakan materi berasal dari masing-masing streaming di BINUS University, yaitu Mas Tangguh Chairil, Mas Roseno Aji Affandi, dan Mas Aditya Permana.

Ruang breakout pertama adalah ruang yang dikhususkan untuk streaming Security Studies. Dalam Short Diplomatic Course, freshmen yang mengambil council ini akan fokus membahas topik “Eradicating Radical Ideologies in Digital Era”. Topik ini membahas mengenai sirkulasi informasi yang tak terbendung di era teknologi dan bagaimana orang-orang bisa mengakses info apa saja hanya dengan internet dan gawai. Namun secara tidak langsung, keterbukaan informasi membuka peluang bagi penyebaran paham radikal yang menjadi kekhawatiran terbesar yang dihadapi pada saat ini. Materi ini dibawakan oleh Mas Tangguh Chairil, salah satu dosen yang menaruh fokus pengajaran pada materi-materi peminatan streaming Security Studies.

Ruang breakout kedua adalah ruang khusus untuk materi streaming International Political Economy and Business Diplomacy. Dalam council ini, fokus pembahasannya adalah pada topik “Bridging Inequality of Development and Economy through the Digitalization in the Post-Pandemic World”. Topik ini membahas peningkatan disparitas yang timbul akibat dari naiknya digitalisasi pada ekonomi global sebagai respon dari kebijakan-kebijakan di tengah pandemi COVID-19. Digitalisasi ekonomi menjadi sebuah tantangan baru bagi negara-negara yang belum mahir dalam mengimplementasikan teknologi terkait. Selain itu, materi ini akan membahas bagaimana komunitas global dan organisasi internasional (dalam kasus ini Perserikatan Bangsa-Bangsa) mampu mengatasi permasalahan yang muncul akibat naiknya digitalisasi ekonomi, sehingga negara-negara di dunia mampu mencapai tujuan global (SDGs 2030) sesuai target. Materi ini dibawakan oleh Mas Roseno Aji Affandi, salah satu dosen yang menaruh fokus mengajar pada peminatan streaming IPE.

Ruang breakout ketiga adalah ruang untuk membahas materi streaming Contemporary Issues and New Media. Council ini memiliki fokus pembahasan pada topik “Social Inequality and Media Representation of Marginalized People”. Topik ini membahas mengenai hak asasi manusia yang dihadapi orang-orang termarginalisasi di dunia. Tak hanya itu, topik ini juga membahas representasi media dalam memandang isu masyarakat yang termarginalisasi di dunia. Masyarakat termarginal sudah sejak lama tidak dianggap dan terpinggirkan oleh masyarakat. Materi ini dibawakan oleh Mas Aditya Permana, selaku salah satu dosen yang mengampu peminatan streaming Contemporary Issues and New Media.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dari staff Divisi Ceremonial Savoir Faire, dilanjutkan dengan opening remarks oleh Deeva Alexia, selaku Chief Executive Savoir Faire tahun 2021, kemudian pengenalan narasumber, serta mekanisme acara pada siang hari itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing narasumber, mengerjakan post-test dan penutupan serta dokumentasi. Coaching Clinic ini sangat interaktif sebab antusiasme dari setiap freshmen melebihi ekspektasi.