SAVOIR FAIRE IS BACK: Binusian 2025 Dimulai dari Sini

Setelah satu tahun berlalu, Savoir Faire kembali lagi diadakan untuk menunjang proses Academic Experience para Binusian 2025. Savoir Faire 2021 mengambil tema “Freedom of Expression in Digital Era”. Pada tahun ini, Savoir Faire memiliki berbagai rangkaian acara, seperti Coaching Clinic, Life After IR, Mock Debate, Opening, Short Diplomatic Course (SDC), Pameran Video Project, dan Closing, serta kegiatan lainnya yang diadakan untuk menunjang pelaksanaan acara-acara utama. Seluruh rangkaian acara Savoir Faire ini diadakan pada bulan September 2021.

Dalam rangka menunjang para Freshmen dalam mengikuti SDC, para Freshmen Leader (FL) dibekali dengan berbagai macam pengetahuan. Hal ini dilakukan agar nantinya mereka dapat membantu Freshmen dalam mempersiapkan dirinya untuk berpartisipasi dalam Short Diplomatic Course. Tim SDC yang dipenuhi sumber daya manusia yang mumpuni memberikan pelatihan kepada Freshmen Leader berupa Position Paper 101, SDC 101, dan Mock Debate.

Position Paper 101 dan SDC 101 diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang pembuatan sebuah Position Paper dan apa saja yang harus diperhatikan selama berjalannya sebuah Short Diplomatic Course. Untuk mengakhiri pelatihan sebelumnya, panitia menyelenggarakan sebuah Mock Debate, di mana para FL bersimulasi layaknya sedang diadakan Short Diplomatic Course dengan topik non-substansial.

Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 4 September 2021 pada pukul 11.00 sampai 16.00 WIB. Sesi pertama dimulai dengan Position Paper 101, di mana para FL dibagi ketiga ruang breakout, masing-masing ruang berisikan 10 sampai 11 orang FL dengan tujuan untuk membentuk fokus selama pelatihan. Setelah menyelesaikan sesi pertama, diadakan lunch break, yang kemudian akan dilanjutkan dengan sesi kedua, yaitu SDC 101. Pelatihan ini juga terbagi lagi ke dalam tiga ruang breakout. Selanjutnya, semua peserta diarahkan untuk kembali ke main room, di mana akan dimulai pelaksanaan Mock Debate.

Praktik langsung ini mengambil topik non-substansial, yaitu liga superhero. Dalam praktiknya, para FL dapat belajar secara langsung bagaimana SDC itu terlaksana. Pembawaan pun juga cukup santai dengan pemilihan topik yang unik serta tidak memberatkan. Tak hanya itu, seiring berjalannya Mock Debate, tim panitia SDC juga terus memberikan masukan serta panduan apa saja yang harus diperhatikan selama berjalannya SDC ini. Pelatihan ini membawa banyak sekali pengetahuan baru kepada para peserta yang sebelumnya tidak akrab dengan dunia SDC ataupun Model United Nations. Tak hanya banyak materi baru yang didapatkan, namun dengan pembungkusan acara yang menarik dan menyenangkan, para peserta dapat meninggalkan ruang Zoom dengan hati yang senang.

Gallery