Career Insights: What it Takes to Work in International Media [GLS]

Dalam kelas INTR 6141 Introduction to International Media, mahasiswa mempelajari konsep-konsep kunci dalam struktur media, perusahaan media internasional, dan bagaimana pemberitaan oleh media internasional sangat dipengaruhi oleh ideologi politik. Mahasiswa juga mendapatkan pengayaan materi lewat program Global Learning System (GLS) yang menghadirkan mitra dari sektor industri relevan dengan tema kuliah. Mitra GLS INTR 6141 semester ini menghadirkan Yuddy Cahya Budiman, salah satu alumni HI Binus yang kini berkarir sebagai jurnalis di Reuters Indonesia. Kegiatan diselenggarakan secara virtual dengan tajuk “What it Takes to Work in International Media” pada Jumat, 14 Januari 2022.

Source: Instagram @yuddycahya

Yuddy membagikan pengalamannya memulai karir sebagai jurnalis Reuters. Bermula dari kelas yang diampu oleh dosen yang berlatar belakang profesional di sektor media internasional, Yuddy sangat meminati MK tentang media. Ia kemudian mengikuti program magang di Reuters selama 9 bulan dan akhirnya direkrut untuk menjadi pegawai tetap. Menurut Yuddy, bekerja di media internasional sangat menyenangkan dan selalu memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri. Tercatat ia telah meliput berbagai peristiwa, mulai dari konferensi internasional, bencana alam, dan pandemi (portofolio: https://www.reuters.com/journalists/yuddy-cahya-budiman).

Kepada sekitar 40 mahasiswa HI Binus, Yuddy membagikan tips: “Tekuni apa yang menjadi minat sejak di bangku kuliah. Dari situ akan muncul berbagai peluang karir.” Ia juga menegaskan bahwa mata kuliah selama berkuliah di HI Binus telah sangat membantu dirinya meniti karir di perusahaan media internasional.


GLS (global learning system) adalah program pengayaan pendidikan dari Binus dengan mengundang partner dari luar Binus (baik dari industri, institusi nasional, maupun intenasional) untuk memperkaya konten mata kuliah dan pengetahuan mahasiswa

Yuddy Cahya Budiman