Akreditasi Internasional dan Akreditasi Unggul Program Studi HI BINUS

Menjelang satu dekade keberadaannya, Jurusan Hubungan Internasional BINUS University baru-baru ini dianugerahi dua pencapaian yang membanggakan. Pencapaian yang pertama adalah Penyetaraan Peringkat Akreditasi Program Studi Hubungan Internasional pada Program Sarjana Universitas Binanusantara, Kota Jakarta Barat dari Higher Education Evaluation & Accreditation Council Of Taiwan (HEEACT), yang dikukuhkan oleh Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1416/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/III/2022, tertanggal 2 Maret 2022.

Dengan penyetaraan tersebut, status akreditasi program studi Hubungan Internasional BINUS menjadi “Akreditasi Unggul”, dan dikukuhkan oleh Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1416/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/III/2022, tertanggal 2 Maret 2022.

Proses akreditasi dari HEEACT ini dimulai sejak tahun 2021, dengan visitasi oleh asesor dari HEEACT, yakni Prof. Jenn-Jaw Soong (Department of Political Science, National Cheng Kung University), Prof. Ming-Deh Yeh (Graduate Institute of National Development and Mainland China Study, Chinese Cultural University), dan Prof. Chong Siong Choy (Finance Accreditation Agency) selama dua hari, pada tanggal 26-27 Oktober 2021. Sesi visitasi dilakukan asesor secara online melalui platform Webex, mengingat kondisi pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, sementara itu pengurus program studi HI BINUS berkumpul di Binus Kampus Anggrek dengan protokol kesehatan yang ketat.

HEEACT merupakan “badan akreditasi profesional dengan pengakuan global dan keunggulan dalam profesi” yang terus mengembangkan kualitas profesional dan layanan serta kemampuan untuk disejajarkan dengan organisasi penjaminan kualitas internasional.

Dosen, perwakilan mahasiswa, perwakilan alumni, perwakilan Fakultas Humaniora, dan staf Jurusan HI BINUS berfoto setelah visitasi HEEACT hari-1

Semoga dengan akreditasi internasional dan unggul yang tepat dicapai pada satu dekade berdirinya jurusan HI BINUS, program studi kami akan semakin maju dan berkontribusi optimal untuk membangun negeri dan memberdayakan masyarakat.