LOLOS PROGRAM IISMA DAN UMSS 2022, MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL BINUS UNIVERSITY TERIMA BEASISWA DAN KESEMPATAN STUDI KE LUAR NEGERI

Tiga mahasiswa Hubungan Internasional Binus University berhasil raih beasiswa penuh ke perguruan tinggi luar negeri melalui Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Program ini merupakan implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan mahasiswa melalui pengalaman studi di luar negeri.

Mahasiswa terpilih diberikan kesempatan untuk studi ke universitas tujuan di luar negeri selama satu semester sesuai dengan minat masing-masing. Selain diberikan kebebasan dalam memilih universitas dan jurusan, mahasiswa juga diberikan pendanaan yang mencakup biaya perkuliahan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, hingga biaya penerbitan visa.

Para mahasiswa pemenang program IISMA 2022 dari Hubungan Internasional Binus University adalah: Priska (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan), Belinda Nur Fadillah (Maastricht University, Belanda), dan Chantika Zalfaa Rifkila (Universiti Malaya, Malaysia).

Selain itu, dua mahasiswa Hubungan Internasional Binus University berhasil lolos seleksi menjadi peserta US Indo-Pacific Statecraft Matters for South and Southeast Asia (UMSS) 2022. Program ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa, khususnya dalam memandang kebijakan Indo-Pasifik.

Dua mahasiswa terpilih akan bergabung dengan berbagai mahasiswa lainnya dari Bangladesh, India, Indonesia, Nepal, dan Amerika Serikat untuk bertukar pikiran dan membawa rekomendasi terhadap perumusan kebijakan.

Para mahasiswa yang lolos seleksi adalah: Syadilla Rachmanda Cardosh dan Vivian Wijayanti (Binusian 2023).

“Kami jurusan International Relations BINUS University tentunya bangga dan sangat mendukung mahasiswa-mahasiswa kami yang terpilih untuk mengikuti program-program tersebut, semoga apa yang mereka dapat bisa bermanfaat bagi diri sendiri, jurusan, universitas, dan tentunya bangsa Indonesia” ucap Ketua Jurusan Hubungan Internasional Binus University, Bapak Rangga Aditya, ketika dihubungi Jumat (20/5/2022).

Masih mimpi rasanya bagi mahasiswa terpilih untuk dapat melanjutkan pendidikan di negara lain. Awalnya hanya bercita-cita untuk studi ke luar negeri tanpa membebankan biaya kepada orang tua, kini mahasiswa terpilih sedang menyiapkan diri untuk berangkat ke universitas dan negara tujuan.

Sejujurnya, sampai sekarang rasanya masih surreal. Ketika melihat hasil pengumumannya, aku merasa sangat bersyukur dan senang sekali! Di saat yang bersamaan, aku juga merasa lega karena setelah karena setelah persiapan yang cukup panjang, akhirnya pengumumannya keluar juga.”  kata Belinda Nur Fadillah, Peraih IISMA 2022 di Maastricht University, Belanda.

Tak lepas dari dukungan teman sebaya, orang tua, dan dosen Hubungan Internasional, mahasiswa terpilih berharap dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengetahuan serta aktualisasi diri dalam persiapan menuju jenjang berikutnya, seperti yang dirasakan oleh Syadilla Rachmanda Cardosh.

Motivasi saya mengikuti program US Indo-Pacific Statecraft Matters for South and Southeast Asia (UMSS) adalah untuk aktualisasi diri dan mengasah keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang diplomat sesuai cita-cita saya.”

Pertukaran budaya dan identitas sangat disorot oleh mahasiswa terpilih. Mereka meyakini bahwa melalui program IISMA dan UMSS 2022, mereka akan banyak eksplor hal-hal baru untuk dikembangkan menjadi potensi bahkan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Prestasi yang ditorehkan kelima mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme mahasiswa Hubungan Internasional Binus University untuk terus berkarya, berprestasi, dan menginspirasi melalui bidang apapun. Kelimanya menghantarkan pesan khusus bagi keluarga mahasiswa Hubungan Internasional untuk tidak menyerah, tidak takut, dan gapailah mimpi kalian.

Don’t ever limit yourself. Make your own path of opportunities. Keep on defining the infinite in you.”

Jonathan Santoso