Mengkaji Strategi Pertahanan Ibu Kota Nusantara: Lab 45 dan HI Binus

Pada Selasa, 21 Juni 2022, program studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Bina Nusantara (BINUS) bersama dengan Laboratorium Indonesia 2045 (Lab 45) menyelenggarakan webinar bertajuk “Mengkaji Strategi Pertahanan Ibu Kota Nusantara”. Webinar ini membahas hasil riset bersama antara peneliti Lab 45 dan dosen HI Binus tentang strategi dan gelar militer pertahanan ibu kota negara (IKN). Lab 45 adalah lembaga kajian yang berkonsentrasi pada perkembangan global yang berdampak strategis dan bersifat disruptif terhadap kemajuan dan stabilitas Indonesia untuk membantu para pemangku kebijakan dalam mendorong proses transformasi Indonesia menuju negara maju pada tahun 2045.

Dalam webinar ini, Iis Gindarsah, koordinator Lab 45, menjadi moderator. Jaleswari Pramodhawardani, Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) dan penasihat senior Lab 45, serta Rangga Aditya, Ketua Jurusan HI Binus, memberikan kata sambutan. Pembicara webinar ini antara lain Dr. Curie Maharani Savitri, dosen HI Binus; Laksma TNI Didong Rio D.P.K., Kepala Pusat Pengkajian Maritim Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal); dan Dr. Jupriyanto, dosen Universitas Pertahanan (Unhan).

Dalam webinar ini, Dr. Curie mempresentasikan hasil riset bersama Lab 45 dan HI Binus. IKN dengan konsentrasi center of gravity adalah target utama serangan musuh, baik dalam perang konvensional maupun hibrida. Namun, strategi pertahanan IKN belum banyak dikaji. Oleh karena itu, Lab 45 dan HI Binus menganalisis pola-pola terkait geografi militer, karakter ancaman, dan adopsi strategi dalam peperangan yang melibatkan IKN.

Riset ini terdiri atas tiga bagian. Pertama, analisis dua kelompok dataset, yaitu dataset pertempuran IKN dan dataset penetapan IKN darurat. Kedua, proyeksi delapan skenario strategi pertahanan IKN dengan memperhatikan dua determinan, yakni geografi militer dan tipe perang. Ketiga, saran kebijakan mengenai strategi pertahanan IKN Nusantara dengan memperhatikan perubahan karakter ancaman, celah peraturan perundang-undangan, sejarah, dan gelar militer.

Hasil riset bersama Lab 45 dan HI Binus dapat diunduh di website Lab 45: https://www.lab45.id/detail/205/pertahanan-ibu-kota-negara-strategi-dan-gelar-militer. Diskusi dilaksanakan melalui Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Lab 45: https://www.youtube.com/watch?v=HvTapW3Cj-Q. Webinar ini telah dimuat di beberapa media nasional, seperti Kompas (https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/06/21/ikn-perlu-pertahanan-laut-yang-kuat) dan Tribun News (https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/21/studi-pertahanan-mayoritas-negara-yang-punya-ibu-kota-negara-darurat-menangkan-perang).