Master Class Penulisan Artikel Ilmiah di Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora

Pada Kamis 29 September 2022, Departemen Hubungan Internasional mengadakan Masterclass tentang “How to Write a Research Article in Social Science and Humanities”, bekerja sama dengan Prof. Lena Rethel, Pemimpin Redaksi Review of International Political Economy Universitas Warwick. Acara ini diselenggarakan secara hybrid dengan dukungan dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia (DIKTI). Acara ini merupakan bagian dari World Class Professor Program 2022 Jurusan Hubungan Internasional Binus University yang diadakan bersama Center for Business and Diplomacy Studies (CBDS).

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Research and Technology Transfer Binus University, Prof. Tirta Mursitama dan Kepala Jurusan Hubungan Internasional Binus University, Rangga Aditya, Ph.D. Total lebih dari 200 peserta bergabung melalui platform Zoom.

Prof. Rethel berfokus terutama pada strategi untuk menerbitkan karya dalam ilmu sosial dan humaniora. Dalam presentasinya, “How to get published in the Social Sciences and Humanities?”, prof. Rethel menjelaskan bahwa menerbitkan karya penelitian adalah keahlian yang berbeda dari menulis dan penelitian. Beberapa keahlian penting dalam menerbitkan karya penelitian menurut prof. Rethel meliputi:

  1. Kenali jurnal – periksa “tujuan dan ruang lingkup” dan “petunjuk untuk penulis”
  2. Anda dapat mempertimbangkan untuk bertindak sebagai peninjau untuk jurnal
  3. Ikuti jurnal di Twitter untuk pembaruan artikel baru, dll.
  4. Setelah Anda memutuskan jurnal, pastikan Anda dengan jelas mengartikulasikan kontribusi Anda ke lapangan

Selain itu, Prof. Rethel memberikan sejumlah saran praktis dalam menghadapi proses review ketika sebuah artikel telah dikirimkan ke penerbit. Beberapa di antaranya siap menghadapi proses peninjauan yang akan melibatkan banyak revisi dan strategi menghadapi penolakan. Prof. Rethel juga menekankan pentingnya membangun jaringan dengan memeriksa pusat-pusat penelitian utama dan cluster di wilayah penelitian Anda karena “beberapa dari mereka mungkin menawarkan kesempatan untuk afiliasi kehormatan” dan “atau mereka mungkin mengundang Anda untuk mempresentasikan karya Anda di seri seminar penelitian mereka.”