How to Get a Job at the UNDP?

Binus alumni who works at the UNDP share with International Relations students

Pada Sabtu, 14 Januari 2023, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (Prodi HI Binus) mengadakan kuliah tamu bertajuk “What Does the UNDP Do? How to Get a Job at the UNDP?

Pada kuliah tamu ini, Prodi HI Binus mengundang Marsella Winata, alumni HI Binus yang bekerja di UNDP (United Nations Development Programme). Marsella bekerja sebagai koordinator AIS Blue Startup Hub untuk AIS (Archipelagic and Island States) Forum. Marsella adalah alumni HI Binus yang lulus pada 2019 dan kini menjadi mitra GLS (global learning system) Prodi HI Binus untuk mata kuliah International Organization and Global Governance.

Sebagai konteks, UNDP adalah organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia. AIS Forum adalah adalah platform yang dirancang untuk mengikutsertakan 47 negara kepulauan dan pulau di seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam forum bersama yang membahas isu-isu pembangunan berkelanjutan. AIS Blue Startup Hub adalah ekosistem virtual untuk bisnis di industri terkait kelautan yang ingin membentuk koneksi yang bermakna dan menemukan inspirasi baru untuk mengembangkan perusahaan mereka.

Pada kuliah tamu ini, Marsella menyampaikan sharing tentang pekerjaannya di UNDP dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di UNDP. Selama diskusi, Marsella tidak hanya berbagi pengalamannya selama bekerja di UNDP, tetapi juga memberikan tips dan trik untuk bisa mendapatkan pekerjaan di organisasi internasional.  Menurut Marsella, terlepas dari hard skill, soft skill seperti kemampuan untuk melakukan jejaring sangatlah penting di dunia profesional. Untuk itu, Marsella menekankan bahwa aktif terlibat di organisasi mahasiswa sejak dini dan juga mengikuti banyak kegiatan magang yang diselengarakan oleh berbagai instansi pemerintah maupun organisasi internasional akan semakin memudahkan kita untuk memperoleh jejaring dan akses ke institusi yang diinginkan.