BINUS MUN 2023

Pada tanggal 13-15 Januari 2023 Badan Semi Otonom (BSO) Binus International Relations Dialectic Society (BIRDS) yang berada di bawah koordinasi Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) berhasil menyelenggarakan MUN Conference yang diadakan rutin setiap tahunnya. MUN Conference merupakan simulasi sidang PBB di mana para peserta atau delegasi akan melakukan role play sebagai negara anggota pada council yang sudah ditetapkan. BINUS MUN diadakan oleh BIRDS dengan tujuan sebagai wadah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda terhadap isu global. Pada tahun ini BINUS MUN 2023 diadakan secara daring dengan mengusung tema “Ensuring Global Safety and Security in a Time of Uncertainty” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan serta keamanan di tengah isu global yang terjadi saat ini. Berdasarkan tema yang diusung tahun ini, BINUS MUN telah memilih tiga Council yang memiliki kesinambungan pada tema besar yaitu:

  1. UNSC dengan topik “Syrian Civil War: Peace and Stability in Present Day Syria
  2. ECOSOC dengan topik “Global Economic Sustainability during the Ukrainian Conflict”
  3. WHO dengan topik “Strengthening Global Health Cooperation in Countering Monkeypox

BINUS MUN 2023 dibuka dengan sesi pembukaan bertema “Achieving A Long-Term Sustainable Development in Order to Maximize Global Economic Security” yang menghadirkan Bapak Deni Ridwan (Direktur Surat Utang Negara pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia) sebagai keynote speaker beserta Ibu Alfi Naufida Ulinnuha (Mantan Analis di Bank Dunia dan saat ini menjadi mahasiswa Magister Kebijakan Publik di Universitas Oxford) dan Bapak Rahadian Zulfadin (Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI). Sesi ini memberikan wawasan yang sangat menarik pada dirinya sendiri serta menjadi pencerahan bagi debat yang hadir setelahnya.

Setelahnya, BINUS MUN 2023 berhasil dijalankan selama tiga hari dengan masing-masing council dihadiri oleh kurang lebih 30 delegasi. Selama acara berlangsung, keaktifan para delegasi berhasil ditunjukkan melalui perdebatan yang dilakukan untuk memberikan resolusi dan pendapatnya sebagai salah satu tujuan untuk memberikan resolusi terbaik terhadap topik yang ditetapkan. Sebagai hasil, setiap council berhasil menemukan pemenang di hampir setiap kategori:

WHO

  • 1 pemenang kategori Best Position Paper
  • 2 pemenang kategori Most Outstanding
  • 1 pemenang kategori Honorable Mention
  • 2 pemenang kategori Verbal Commendation

ECOSOC

  • 1 pemenang kategori Best Position Paper
  • 2 pemenang kategori Honorable Mention
  • 1 pemenang kategori Verbal Commendation

UNSC

  • 2 pemenang kategori Best Position Paper
  • 2 pemenang kategori Best Delegates
  • 2 pemenang kategori Most Outstanding
  • 2 pemenang kategori Honorable Mention
  • 2 pasang pemenang kategori Verbal Commendation

Tingginya peminatan BINUS MUN 2023 sangat tidak terduga yang mana di tahun ini penerapan MUN Conference yang berbasis online sudah tidak banyak, dilihat dari bagaimana penyesuaian dunia setelah pandemi COVID-19. Namun dilihat dari kesempatan dan semangat yang kami punya untuk menjalankan MUN Conference sangat tinggi yang menjadi dorongan kami untuk mengadakan BINUS MUN secara luring di tahun berikutnya.

Galeri