How Market System Development Approach Works in Fighting Poverty and Food Insecurity?

Binus alumni who works at Australia-Indonesia partnership institution share with International Relations students

Pada Rabu, 25 Januari 2023, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (Prodi HI Binus) mengadakan kuliah tamu bertajuk “How Market System Development Approach Works in Fighting Poverty and Food Insecurity?”

Pada kuliah tamu ini, Prodi HI Binus mengundang Anita Millenia Devi, alumni HI Binus yang bekerja sebagai konsultan bisnis di AIP-Prisma (Australia-Indonesia Partnership for Promoting Rural Incomes through Support for Markets in Agriculture). Anita adalah alumni HI Binus yang lulus pada 2019 dan kini menjadi mitra GLS (global learning system) Prodi HI Binus untuk mata kuliah INTR6139029 Contemporary Issues in Global Politics.

Sebagai konteks, AIP-Prisma adalah kemitraan inovatif antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia untuk menumbuhkan pasar pertanian di pedesaan Indonesia. AIP-Prisma bertujuan mengatasi ketahanan pangan dan kemiskinan dengan membuat pasar pedesaan lebih inklusif. AIP-Prisma melakukan ini dengan bermitra dengan bisnis dan pemerintah untuk menghilangkan hambatan pasar dan memperkenalkan inovasi produk dan produksi.

Pada kuliah tamu ini, Anita menyampaikan topik tentang bagaimana pendekatan pembangunan sistem pasar bekerja dalam memerangi kemiskinan dan kerawanan pangan. Presentasi Anita dimulai dengan menyampaikan apa yang AIP-Prisma lakukan, dilanjutkan cerita AIP-Prisma bekerja di sektor kacang hijau, lalu kisah AIP-Prisma membahas masalah lintas sektoral.

Anita menjelaskan bahwa melakukan pendekatan MSD (market system development), yaitu pengembangan sistem pasar untuk memberikan aliran manfaat yang berkelanjutan ke berbagai pelaku pasar, termasuk petani dan masyarakat miskin, serta bisnis dan pemerintah. Sebagai konsultan bisnis AIP-Prisma, Anita melakukan riset dan asesmen tentang pasar, pengembangan kemitraan, manajemen proyek, dan administrasi dalam pendekatan MSD.

Anita kemudian menjelaskan bagaimana AIP-Prisma mentransformasi pasar kacang hijau Indonesia. Anita menjelaskan tinjauan dan tantangan pasar kacang hijau, lalu menjelaskan bagaimana AIP-Prisma membangun pasar kacang hijau komersial baru dan meningkatkan pendapatan petani. Anita menceritakan kisah beberapa petani yang dibantu AIP-Prisma.

Terakhir, Anita menjelaskan bagaimana AIP-Prisma menyikapi isu lintas sektoral. Salah satunya isu gender. AIP-Prisma telah memberi dampak positif di berbagai dimensi pemberdayaan ekonomi perempuan dan membantu para mitra memberdayakan perempuan melalui pengembangan keterampilan. AIP-Prisma melihat berbagai segmen pasar yang terabaikan, seperti pemberdayaan ekonomi perempuan, masyarakat adat, pemuda, dan difabel, sebagai peluang bisnis. AIP-Prisma juga berusaha menjaga lingkungan dengan menggunakan inovasi dan teknologi cerdas iklim.