Dosen HI Binus Menjadi Narasumber Artikel Cek Fakta Cawapres 2024

Pada 27 Januari 2024, artikel cek fakta terhadap klaim calon wakil presiden dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2024, Muhaimin Iskandar,  berjudul “Cek Fakta: Benarkah Lebih Baik Utang untuk Beli Alat Pertanian daripada untuk Beli Alat Perang?”, yang ditulis dengan setelah mewawancarai dosen Hubungan Internasional (HI) Binus yaitu Tangguh Chairil, terbit di platform media digital The Conversation Indonesia.

Artikel tersebut menganalisis klaim Muhaimin dalam pernyataan “Kita enggak perang kenapa kebanyakan utang beli alat perang? Lebih baik utang untuk beli alat pertanian,” yang disampaikan Muhaimin saat bertemu dengan para petani dalam acara “Nitip Gus” di kawasan Sijalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 3 Januari 2024. The Conversation Indonesia menghubungi dosen Hukum Tata Negara dari Universitas Islam Indonesia (UII) yaitu Rahadian Diffaul Barraq Suwartono, dan Tangguh untuk menganalisis klaim Muhaimin tersebut.

Artikel cek fakta tersebut selengkapnya dapat diakses di https://theconversation.com/cek-fakta-benarkah-lebih-baik-utang-untuk-beli-alat-pertanian-daripada-untuk-beli-alat-perang-222063 dan https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/29/160300282/cek-fakta-muhaimin-sebut-utang-lebih-baik-untuk-beli-alat-pertanian.