Dosen HI Binus Menjadi Narasumber FGD Universitas Pertahanan RI dan Otorita IKN

Pada Rabu, 3 April 2024, salah seorang dosen Hubungan Internasional (HI) Binus yaitu Curie Maharani Savitri menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Universitas Pertahanan (Unhan) RI dan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan tema “Konsep Strategi Pertahanan dan Keamanan IKN Berbasis Smart Defence and Security 5.0”. FGD ini diselenggarakan di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Dalam FGD ini, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menekankan pentingnya strategi pertahanan dan keamanan untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, mengingat cepatnya perubahan teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan internet untuk segala (internet of things/IoT). Otorita IKN mengumpulkan masukan untuk strategi pertahanan dan keamanan karena kewenangan ini berada di bawah Kementerian Pertahanan (Kemhan), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Achmad Adipati Karnawidjaja, menjelaskan bahwa IKN akan fokus pada strategi pertahanan siber, termasuk membangun laboratorium dan satuan tugas siber. Acara ini dihadiri oleh berbagai ahli dan pejabat dari lembaga pertahanan, membahas integrasi teknologi cerdas dan kerjasama multisektor untuk menghadapi ancaman yang kompleks.

Kegiatan FGD ini dilaksanakan dalam tiga sesi dengan menghadirkan berbagai narasumber. Selain Dr. Curie, narasumber lainnya antara lain Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Dansesko TNI) Marsekal Madya TNI Samsul Rizal; Ketua Tim Strategi Kerja Sama Nasional dan Penilaian Global Cybersecurity Index (GCI) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Agria Rhamadhan; Deputi Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Bappenas, Bogat Widyatmoko; Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Brigadir Jenderal Polisi Indarto; Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana; Sekretaris Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Sesditjen Strahan) Kemhan Brigjen TNI Oktaheroe Ramsi; dan Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Mayjen TNI Rido Hermawan. Acara dipandu oleh moderator dosen Fakultas Strategi Pertahanan (FSP) Unhan RI Dr. F.G. Cempaka Timur, serta Dr. KP Suharyono, S Hadiningrat dan Mia Amalia dari Lemhannas RI.

Liputan FGD ini dapat dilihat di https://www.idu.ac.id/berita/kolaborasi-unhan-ri-dan-otorita-ibu-kota-nusantara-selenggarakan-focus-group-discussion-membahas-konsep-strategi-pertahanan-dan-keamanan-the-smart-defense-and-security-5-0.html dan https://www.ikn.go.id/otorita-ikn-gelar-fgd-strategi-pertahanan-dan-keamanan-ikn.