Selamat atas Pelantikan Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D. sebagai Deputi di Kementerian Investasi/BKPM

Pada Kamis, 6 Juni 2024, Guru Besar Manajemen Bisnis Internasional Binus University yang juga faculty member Departemen Hubungan Internasional (HI), Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D., dilantik sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal di Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Prof. Tirta sosok yang membidani lahirnya Departemen HI Binus sejak akhir 2011. Ia menjadi Ketua Departemen hingga 2018 dan telah mengantarkan Departemen HI Binus meraih akreditasi internasional dan akreditasi nasional “A”. Ia juga mendirikan Centre for Business and Diplomatic Studies (CBDS) Binus, yang melahirkan Journal of ASEAN Studies (JAS) sebagai jurnal ilmiah HI pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bereputasi internasional (terindeks Scopus) dengan Q1 untuk cultural studies. Ia juga memprakarsai International Conference on Business, International Relations, and Diplomacy (ICOBIRD) sebagai salah satu konferensi ilmiah HI di Indonesia yang bereputasi internasional. Ia dikukuhkan sebagai guru besar di Binus pada 2015.

Pada 2018-2023, Prof. Tirta dipercayai Binus untuk mengemban amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Transfer Teknologi. Ia bertugas menciptakan strategi riset, publikasi, dan transfer teknologi di lingkungan Binus untuk memastikan semua dosen melakukan riset dan mempublikasikan hasil penelitian mereka di outlet publikasi yang memiliki reputasi baik. Ia juga bertugas menjalin kerja sama riset dengan lembaga pemerintah, swasta, pusat riset, universitas, dan industri dalam menciptakan riset berdampak tinggi dan kemungkinan komersialisasi. Ia juga bertugas memberdayakan masyarakat melalui kegiatan berbasis riset.

Pada 2023, Prof. Tirta diangkat menjadi Wakil Rektor Bidang Kolaborasi dan Keterlibatan Global. Ia bertanggung jawab untuk berkolaborasi dengan individu terkemuka, kelompok, asosiasi, organisasi, pemerintah, institusi pendidikan tinggi, dan industri serta terlibat dengan mereka di tingkat lokal, nasional, dan global.

Sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal di Kementerian Investasi/BKPM nanti, Prof. Tirta akan mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kerja sama penanaman modal (Perpres Nomor 64 Tahun 2021 tentang Badan Koordinasi Penanaman Modal, pasal 24).

Departemen HI Binus mengucapkan selamat atas pelantikan Prof. Tirta sebagai Deputi di Kementerian Investasi/BKPM. Semoga semakin sukses dan terus berkontribusi bagi bangsa dan negara.