Streaming, Minor, Free Electives? Pilih Mana Ya?

Buat kalian mulai angkatan 2024, masih ada yang bingung sama program peminatan di semester 4 dan 5? Simak artikel ini.

Struktur Kurikulum 2020 Hubungan Internasional BINUS (berlaku untuk angkatan 2023 dan selanjutnya)

Seperti tergambar dalam struktur kurikulum kurikulum 2020 (untuk angkatan 2024 dan seterusnya), pada semester 4 dan 5 kalian diwajibkan mengambil peminatan studi.

Ada tiga skema peminatan yaitu Streaming, Minor Program, dan Free Electives. Streaming adalah peminatan di dalam jurusan itu sendiri, sedangkan Minor dan Free Electives berarti kalian dapat mengambil mata kuliah dari jurusan lain.

Streaming

Di jurusan Hubungan Internasional, terdapat tiga streaming yang dapat kalian pilih salah satu, yaitu:

  1. Streaming Security Studies
  2. Streaming International Political Economy and Business Diplomacy
  3. Streaming Contemporary Issues and New Media

Minor Program

Jika kalian mengambil Minor Program, berarti kalian akan mengambil satu set atau satu paket mata kuliah yang disediakan jurusan/program studi/fakultas yang ada di BINUS. Jika pada semester 4 kalian mengambil Minor, maka di semester 5 juga harus tetap meneruskan Minor Programnya, alias tidak bisa ganti ke Streaming maupun Free Electives.

Berikut daftar program Minor yang dapat kalian pilih. Perhatikan poin-poin yang berwarna hijau tua ya. Sebagai jurusan Hubungan Internasional yang tergabung dalam Faculty of Humanities, disarankan untuk mengambil program yang diberi poin hijau tua. Soalnya, mata kuliah yang warna hijau lebih dekat ke HI dan kalian tidak akan pusing dengan mata kuliah yang “asing” sama kalian.

Jika ingin menyimak detail masing-masing Minor Program, kuy klik link berikut: Minor Program

Free Electives

Program Free Electives berarti kalian bisa bebas memilih 20 SKS di semester 4 dan 20 SKS di semester 5 dari 297 mata kuliah yang ada di seluruh BINUS Raya. Tetapi, mungkin tidak semua dari mata kuliah ini dapat sejalan dengan jurusan kita karena banyak juga mata kuliah yang memerlukan pengenalan di semester awal. Jadii Mas dan Mbak di Jurusan HI udah milihin kurang lebih 100 mata kuliah yang bisa kalian ambil dan kombinasikan sesuai passion kalian. List mata kuliah dapat berganti setiap semester. Jadi pantengin terus informasinya ya.

Simak detail mata kuliah yang tersedia di program Free Electives dengan klik link berikut: Free Electives Program

Seperti Minor Program, Free Electives juga disediakan oleh jurusan/program studi/fakultas yang ada di BINUS. Tapi kalian tidak bisa mengambil mata kuliah streaming di HI karena mata kuliah di HI di semester 4 dan 5 disediakan untuk Streaming. Sama juga dengan Minor Program, saat kalian mengambil Free Electives di semester 4, maka di semester 5 juga harus lanjut Free Electives.

Nah, jadi begitu ya teman-teman. Jangan bingung lagi dengan program Peminatan ini. Jika ada yang kurang jelas, silakan menghubungi mentor atau Academic Advisor masing-masing.