Streaming Security Studies (2021-2022)

Apa Yang Akan Kalian Pelajari di Streaming Ini?

Streaming ini cocok untuk kalian yang menyukai hal-hal berbau keamanan atau militer. Memang tidak semua mata kuliah di streaming ini berkaitan dengan militer, melainkan lebih luas, yaitu tentang keamanan itu sendiri.

Keamanan suatu negara atau masyarakat mencakup Kajian Keamanan Tradisional dan Nontradisional. Kajian Keamanan Tradisional akan mempelajari mengenai keamanan negara, ancaman eksternal, dan sektor militer; misalnya perang dan damai, proliferasi nuklir, perdagangan senjata, terorisme, dan intelijen.

Sementara itu, Kajian Keamanan Nontradisional akan mempelajari keamanan negara dari sudut pandang nontradisional, keamanan manusia, keamanan lingkungan, ancaman eksternal dan internal, sektor militer dan nonmiliter; seperti misalnya isu lingkungan, kejahatan, gender, pangan, kesehatan, bencana, migrasi, dan masalah yang berkaitan dengan teknologi siber.

Lulusan Streaming Ini Bisa Jadi Apa Aja Ya?

  1. Kementerian/Lembaga Pemerintah: Analis di kementerian/lembaga pemerintah terkait keamanan (Kemhan/TNI, Polri, BIN, BSSN, Bakamla, dll).
  2. Organisasi Internasional: Analis/staf lokal di organisasi internasional terkait keamanan (PBB, ASEAN, Interpol, IAEA, IFRC, ICRC, dll).
  3. Lembaga Think Tank: Analis/peneliti di lembaga think tank terkait keamanan (CSIS, ICW, INCS, CIPS, THC, Lab 45, dll).
  4. Lembaga NGO: Analis/peneliti di lembaga NGO terkait hukum dan HAM serta perdamaian (YLBHI, PBHI, Imparsial, KontraS, HRWG, dll).
  5. Perusahaan Swasta: Analis/peneliti di perusahaan konsultan keamanan (Janes, Semar Sentinel, dll).

Mata Kuliahnya Apa Aja Ya?

Daftar Mata Kuliah Streaming Security Studies (2021/2022)

Dosennya Siapa Aja Ya?

Pengajar Streaming Security Studies 2021/2022

 

  1. Aninda Rahmasari, S.Sos., M.Litt.
  2. Curie Maharani Savitri, S.Sos., M.T., Ph.D.
  3. Ganesh Aji Wicaksono, B.Sc., M.Sc.
  4. Ratu Ayu Asih Kusuma Putri, S.Sos., M.I.R
  5. Sukmawani Bela Pertiwi, S.I.P., M.A.
  6. Tangguh Chairil, S.Sos., M.Si. (Han)
  7. Utaryo Santiko, S.Sos, M.Si