People Innovation Excellence

Kijang Initiatives Forum Reports

Kijang Initiatives Forum (KIF) merupakan sebuah forum diskusi yang menjadi wadah bagi akademisi Indonesia dan dari berbagai negara untuk bertukar pemikiran, ide, dan gagasan di bidang Hubungan Internasional, Bisnis, dan Diplomasi serta topik terkait di dalamnya. KIF diselenggarakan secara regular oleh Departemen Hubungan Internasional, Universitas Bina Nusantara sebagai upaya mencapai visi sebagai “Institusi pendidikan dan penelitian Hubungan Internasional berkelas dunia yang memiliki fokus pada Asia Pasifik dalam rangka turut mewujudkan perdamaian dan kemakmuran dunia”.

Forum ini mempertemukan akademisi dari berbagai negara (Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Singapura dan Malaysia) untuk mempresentasikan perspektif dan ide riset mereka. Dalam jangka panjang, forum ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan pemikiran Hubungan Indonesia yang memiliki keunikan ala Indonesia (Indonesian School of International Relations).

CBDS berkomitmen untuk membangun, menghubungkan, dan mendiseminasikan riset-riset serta berbagai bentuk pengetahuan terbaru kepada komunitas epistemik melalui forum KIF. CBDS berharap pendokumentasian kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mendorong terciptanya lebih banyak forum-forum serupa di kalangan komunitas epistemik Hubungan Internasional Indonesia di masa depan. Pelibatan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional (AIHII), lembaga kajian, lembaga pemerintah maupun perusahaan dapat semakin memperkaya diskusi ilmiah yang terjadi dalam KIF. Dengan demikian, selain memiliki relevansi akademik, KIF juga menghasilkan relavansi kebijakan yang kuat.

Kijang Initiatives Forum Reports 2016

Kijang Initiatives Forum Report 2016 merupakan kumpulan dokumentasi kegiatan KIF yang telah diadakan dalam kurun waktu lima tahun (2012-2016). Laporan ini berisi narasi dan foto yang memberikan gambaran mengenai topik, pembicara dan materi yang disampaikan dalam setiap KIF. Laporan ini sekaligus sebagai upaya pengelolaan ilmu pengetahuan (knowledge management) berupa kodifikasi dalam bentuk laporan tertulis. Beberapa pembicara yang telah menyumbangkan ide dan pemikirannya dalam forum KIF antara lain Dr. Euan Graham, Dr. Cheng-Chwee Kuik, Prof. Samuel Ku, Prof. Motoko Shuto, Dr. Makmur Keliat, Dr. Satu Limaye, Dr. Benny Guido dan Prof. Stefano Tsukamoto.

Kijang Initiatives Forum Report 2016 dapat diunduh di : KIF 2016

Last updated :

SHARE THIS