Program Talent Pool Perdana HI Menuai Prestasi

Talent Pool merupakan salah satu program inisiatif jurusan Hubungan Internasional BINUS University yang bertujuan untuk memperkuat program Talent Pool di Jurusan Hubungan Internasional Binus dalam meningkatkan prestasi Mahasiswa baik di bidang akademik dan non akademik. Salah satu agendanya adalah ikut berpartisipasi dalam Model United Nations (MUN) Competition yang diadakan oleh National University of Singapore (NUS) pada tanggal 6-9 Juni 2023. MUN adalah salah satu kompetisi yang sangat terkait dengan kecerdasan dan ketrampilan dalam penguasaan ilmu Hubungan Internasional (HI) baik dari aspek teoritik maupun praktik.

Talent Pool telah berusaha untuk membuat sebuah ekosistem perekrutan, pelatihan dan menyertakan dalam kompetisi selama satu setengah tahun ini. Pada ujung pertengahan tahun ke dua, talent pool telah mampu meningkatkan prestasi dalam bidang akademik MUN level Internasional di MUN NUS Competition. NUS telah melaksanakan MUN yang ke 20 pada tahun ini. Dalam 20 tahun, Singapore Model United Nations (SMUN) telah menjadi salah satu konferensi Model PBB terkemuka dan terbaik di wilayah Asia-Pasifik dengan standar dan reputasi yang tinggi.

Pada kesempatan ini, HI Binus berhasil mengikutsertakan 2 mahasiswa atas nama: 1. Ayisha Iman Rahman (2501977992), 2. Amanda Siman (2501989941).  Ayisha Iman Rahman berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Honoroble Mention atau juara ke tiga.

Dari kegiatan talent pool ini diharapkan dapat diperkuat lagi dengan menseleksi mahasiswa yang berbakat dan melatih mereka secara terprogram dengan metode alumni and senioroty coaching sehingga stock mahasiswa berprestasi di dalam jurusan HI akan berkelanjutan dan mampu meningkatkan recognisi International HI Binus. Diharapkan tahun-tahun berikutnya HI Binus dapat ikut serta di level yang lebih tinggi seperti di Oxford atau Harvard MUN. Sehingga Talent Pool dengan dorongan proyek Inisiatif menjadi bersinergi untuk meningkatkan kekuatan mahasiswa Binus khususnya HI baik dari aspek teoritik maupun praktik, menjadi pemimpin dalam kompetisi MUN Nasional dan pemain penting dalam MUN bergengsi Internasional di MUN NUS, Oxford maupun Harvard University.

Prestasi ini merupakan salah satu program jurusan HI dengan Project Inisiatif 2023 dari BINUS University.

Student’s Experience in Talent Pool

Amanda Siman

Ayisha Iman Rahman