People Innovation Excellence
 

Penelitian Lapangan Hibah Kompetensi HI BINUS ke Solo 23 – 25 April 2013

Tim Peneliti Hibah Kompetensi “Strategi dan Model Inklusif Peningkatan Daya Saing Daerah menghadapi ASEAN China Free Trade Agreement (ACFTA)”melakukan penelitian lapangan yang pertama ke Kota Solo pada tanggal 23 – 25 April 2013 lalu. Tim peneliti dipimpin langsung oleh ketua time peneliti, Tirta Mursitama PhD bersama anggota tim Yi Ying , M.Litt didampingi anggota tim sekretariat riset Wendy Prajuli, M.S.S dan Richa Vidya Yustikaningrum, M.Si.

Penelitian lapangan yang pertama ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi awal berkait dengan tema penelitian. Diawali dengan kunjungan ke jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) pada tanggal 23 April 2013. Pada kesempatan tersebut dilakukan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion) dipmpin oleh Ketua Jurusan HI UNISRI KGPH Dipokusumo dan dihadiri oleh civitas akademika HI UNISRI.

Pada siang harinya, tim peneliti Hibah Kompetensi HI BINUS melakukan kunjungan ke Jurusan HI Universitas Sebelas Maret (UNS). Tim peneliti diterima langsung oleh Ketua Jurusan HI UNS Profesor Andrik Purwasito, DEA beserta pimpinan jurusan dan para dosen. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan FGD dan bertukar pikiran menyangkut topik penelitian. Bahkan, dalam kedua kesempatan kunjungan tersebut HI BINUS menjajaki kerjasama yang lebih konkret dengan HI UNS maupun sebelumnya dengan HI UNISRI.

Pada tanggal 24 April 2013, tim peneliti diterima oleh jajaran KADIN Kota Solo. Sambutan yang sangat positif diberikan oleh pimpinan KADIN Kota Solo diantaranya diwakili oleh Bapak M Farid Sunarto, wakil ketua membidani organisasi dan dua wakil ketua lainnya yang membidani ekonomi dan sumber daya manusia. Kami juga melakukan FGD yang diawali dengan pemaparan tentang BINUS University dan Jurusan HI BINUS serta maksud dan tujuan penelitian yang disampaikan langsung oleh Tirta Mursitama PhD, ketua tim peneliti.

Diskusi berjalan dengan lancar dan konstruktif. KADIN Kota Solo memberikan buku yang berisi kumpulan Peraturan Daerah (Perda) Kota Solo tahun 2011 – 2012. Di sisi lain, Tirta Mursitama juga menyampaikan buku berjudul Memenangi Globalisasi di Era Otonomi kepada KADIN Kota Solo. Setelah FGD yang diselenggarakan di Hotel Pose In Solo berakhir, tim peneliti melakukan kunjungan langsung ke kantor KADIN Solo atas undangan Bapak M Farid Sunarto dan rekan-rekan.

Kunjungan tim peneliti terus berlanjut. Pada siang hari tanggal 24 April 2013 tim peneliti melakukan wawancara dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Solo di bilangan kota Barat Solo. Wawancara berlangsung lancar dan hangat. Data dan informasi awal yang ditargetkan dapat diperoleh dengan baik. Tim peneliti juga mendapatkan penjelasan tentang hasil-hasil kerajinan yang selama ini telah diikutsertakan ke pelbagai pameran produk kerajinan baik di dalam maupun luar negeri.

Sore harinya, tim peneliti mengunjungi Kantor Balaikota Solo untuk bertemu dengan Bagian Tata Usaha yang telah mengatur pertemuan tim dengan Bappeda keesokan harinya. Pada pertemuan dengan Kepala Bagian Tata Usaha Pemda Solo tersebut diperoleh informasi terkait dengan pelbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemda Solo yang relevan untuk bahan analisis penelitian.

Keesokan harinya, pada tanggal 25 April 2013 pagi tim peneliti melakukan kunjungan ke Bappeda Kota Solo. Wawancara berjalan dengan baik dengan tiga orang wakil dari Bappeda Kota Solo. Mereka memberikan data-data yang relevan dan menawarkan untuk memfasilitasi pertemuan selanjutnya dengan dinas di jajaran Pemda Kota Solo pada kesempatan berikutnya.

Secara umum kunjungan penelitian lapangan yang pertama ini berlangsung dengan baik dan lancar. Pertemuan dengan kalangan akademik, pengusaha dan jajaran pemda telah memberikan gambaran awal tentang strategi daya saing Kota Solo. Data, informasi dan akses yang diperoleh menjadi modal yang baik bagi tim peneliti untuk melakukan analisis sekembalinya ke Jakarta. Setelah melakukan analisis awal, kebutuhan data dan informasi lanjutan dapat dikomunikasikan kembali dengan kalangan akademik, pengusaha maupun jajaran pemda Kota Solo yang telah menyatakan kesediaannya membantu penelitian ini.

Hal lain yang perlu dicatat dari kunjungan penelitian lapangan ini adalah jurusan HI BINUS bahkan BINUS University secara menyeluruh, telah melakukan penjajakan kerjasama pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat dengan kedua jurusan HI di Solo dan para pengusaha Solo melalui KADIN. Banyak sekali agenda kerjasama yang dapat ditindaklanjuti secara lebih formal setelah kesepatan informasi / verbal telah dicapai untuk meningkatkan kerjasama diantara dua entitas tersebut.

Kunjungan penelitian lapangan Hibah Kompetensi di Kota Solo ini menandai kunjungan pertama dari keseluruhan empat kota yang direncanakan. Kota-kota lain yang akan dikunjungi sebagai sampel penelitian adalah Kota Padang, Makassar dan Batam.

Focus Group Discussion bersama KADIN Solo di Hotel Pose In Solo 24 April 2013
Focus Group Discussion bersama KADIN Solo di Hotel Pose In Solo 24 April 2013
Ketua Tim Peneliti Hikom HI BINUS memimpin diskusi dalam FGD bersama KADIN Solo 24 April 2013
Ketua Tim Peneliti Hikom HI BINUS memimpin diskusi dalam FGD bersama KADIN Solo 24 April 2013
Tim Peneliti Hikom HI BINUS bersama Jajaran HI UNS 23 April 2013
Tim Peneliti Hikom HI BINUS bersama Jajaran HI UNS 23 April 2013
Tim Peneliti Hikom HI BINUS bersama Jajaran HI UNISRI 23 April 2013
Tim Peneliti Hikom HI BINUS bersama Jajaran HI UNISRI 23 April 2013
Ketua Tim Peneliti Hikom HI BINUS menyerahkan Pamflet BINUS kepada Ketua Jurusan HI UNISRI 23 April 2013
Ketua Tim Peneliti Hikom HI BINUS menyerahkan Pamflet BINUS kepada Ketua Jurusan HI UNISRI 23 April 2013

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close