HI Binus Berpartisipasi dalam Diskusi “US Foreign Policy in Asia”

HI BINUS BERPARTISIPASI DALAM DISKUSI US FOREIGN POLICY IN ASIA

Memenuhi undangan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) di Jakarta, mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (HI BINUS) menghadiri Diskusi “U.S. Foreign Policy in Asia” di @america Pacific Place pada tanggal 21 Mei 2013. Diskusi yang bertajuk Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat di Asia ini disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Duta Besar Wendy Sherman, seorang diplomat senior yang menduduki posisi keempat terpenting di jajaran Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Acara diskusi ini dipandu oleh presenter senior Rossy Silalahi yang menghadirkan juga Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel mendampingi Duta Besar Wendy Sherman. Diskusi ini dihadiri oleh pewakilan mahasiswa program Hubungan Internasional dari beberapa universitas di ibukota selain perwakilan mahasiswa HI BINUS yang semuanya semakin menambah riuih rendah suasana di @america. Perwakilan negara sahabat dan lembaga internasional juga tampak hadir di baris terdepan hadirin siang itu.

Selain itu, diskusi tersebut juga diikuti perwakilan AS di Kuala Lumpur, Konjen AS di Surabaya dan di Medan yang dilakukan melalui telekonferensi. Kecanggihan teknologi yang melengkapi @america memfasilitasi kegiatan telekonferensi sehingga berjalan dengan baik. Perlu diketahui bahwa @america adalah satu-satunya fasilitas sosial budaya Amerika Serikat di dunia yang memiliki fasilitas super canggih dengan jaringan koneksi internet nirkabel berkecepatan tinggi, ruangan teaterikal dengan kelengkapan sistem tata suara yang bagus sehingga sesuai untuk berbagai acara, fasilitas ipad bagi para pengunjung, hingga fasilitas informasi-informasi tentang AS yang dapat diperoleh dengan sentuhan jari saja di monitor yang tersedia.

Selain melalui telekonferensi, berlangsungnya diskusi juga dipancarluaskan melalui jejaring sosial twitter. Bahkan, salah satu pertanyaan mahasiswa HI BINUS melalui twitter terpilih untuk dijawab langsung oleh Dubes Wendy Sherman. Pertanyaan-pertanyaan tersebut melengkapi penjelasan singkat Dubes Wendy Sherman tentang kebijakan AS di Asia yang dilengkapi penjelasan oleh Dubes Scot Marciel terutama menyangkut pertanyaan-pertanyaan yang sangat spesifik untuk kasus Indonesia.

Dubes Wendy Sherman lebih menitikberatkan paparannya untuk memberikan motivasi, semangat dan nasehat bagi para mahasiswa HI yang hadir agar lebih aktif berpartisipasi dalam kehidupan politik dan hubungan internasional. Mahasiswa diajak untuk lebih memahami berbagai perkembangan dunia yang terjadi dan mencoba memahami alasan kenapa peristiwa-peristiwa penting tersebut bisa terjadi. Beliau juga menekankan mahasiswa perlu memiliki sifat memahami perbedaan, menghormati satu sama lain, toleransi antar umat beragama selain kemampuan keilmuwan sebagai mahasiswa hubungan internasional. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu membantu terciptanya hubungan antar negara dan antar manusia yang baik.

Keikutsertaan mahasiswa HI BINUS dalam diskusi ini merupakan wujud untuk menguatkan pengalaman internasional mahasiswa HI BINUS. Dengan mengikuti berbagai kegiatan internasional yang disampaikan dalam bahasa Inggris yang disampaikan oleh diplomat senior baik dari dalam maupun luar negeri tentu semakin menambah pemahaman mereka tentang berbagai isu Hubungan Internasional. Selain itu, pertemuan secara langsung dengan para diplomat senior apalagi dari negara adikuasa seperti Amerika Serikat, akan menciptakan aura kepercayaan diri untuk menjadi orang yang berguna dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan internasional, salah satunya sebagai diplomat.

Rombongan mahasiswa HI BINUS yang berjumlah 40 orang dipimpin langsung oleh Tirta N. Mursitama, PhD Ketua Departemen HI BINUS. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Tirta memperkenalkan mahasiswa HI BINUS kepada para kolega yang dikenalnya dan kebetulan hadir pada acara tersebut, diantaranya presenter Rosy Silalahi dan kolega dosen-dosen dan mahasiswa dari universitas lain. Hal ini semoga memberikan inspirasi kepada mahasiswa tentang perlunya memiliki jejaring yang luas sebagai mahasiswa HI dan pentingnya memiliki keluwesan sikap dalam berinteraksi dengan orang lain.

Penulis: TNM; Editor: MFK

Wendy Sherman memaparkan US Foreign Policy di Asia
Wendy Sherman memaparkan US Foreign Policy di Asia
DIskusi Interakti dengan para Pembicara, Rossy Silalahi, Scot Marciel, dan Wendy Sherman.
DIskusi Interakti dengan para Pembicara, Rossy Silalahi, Scot Marciel, dan Wendy Sherman.
Mahasiswa HI Binus mendengarkan secara seksama pemaparan Pembicara
Mahasiswa HI Binus mendengarkan secara seksama pemaparan Pembicara
Duta Besar Wendy Sherman
Duta Besar Wendy Sherman
Pemaparan Rossy Silalahi
Pemaparan Rossy Silalahiinus