People Innovation Excellence
 

Workshop on International Publications

Kamis, 05 Desember 2013 Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara mengadakan konferensi tahunan ICOBIRD (International Conference in Business) hari kedua di kampus Joseph Wibowo Center Senayan, Jakarta. Diskusi ini mendatangkan seorang narasumber yaitu Assoc. Prof. Leonard Sebastian, Ph. D (RSIS, NTU, Singapore). Adapun partisipan yang mengikuti diskusi ini adalah beberapa pembicara dan tamu undangan pada diskusi sehari sebelumnya dan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara.

Diskusi dibukan oleh kata sambutan dari Ketua Jurusan Hubungan Internasional, Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi langsung dengan narasumber. Prof. Leonard Sebastian mengenai cara penulisan makalah ilmiah dan artikel akademis. Dikatakan bahwa sebelum menuliskan karya ilmiah dalam bentuk paper atau artikel akademis, penulis harus mengetahui terlebih dahulu tujuan penulisan dan kepada siapa tulisan tersebut ditujukan. Selain itu, topik dan riset harus dikemas dengan menarik. Adapun tulisan dimulai dengan historical background yang tidak terlalu panjang dengan disertakan thesis statement yang mengemukakan jelas tentang pertanyaan dan masalah yang akan dijawab oleh penulis melalui tulisan tersebut. Pemilihan perspektif dalam menulis juga penting untuk menunjukkan secara jelas pandangan penulis terhadap topik yang dibahas. Selain itu, argumen yang digunakan untuk mendukung penulisan juga harus jelas dan didukug oleh bukti-bukti yang relevan. Tulisan juga harus disertakan dengan bagian penutup yang berkesinambungan dengan bagian pembuka. Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam menuliskan bagian penutup dalam suatu makalah adalah untuk tidak membuat argumen baru.

Setelah pemaparan dari narasumber, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para partisipan. Salah satu pertanyaan adalah bagaimana caranya membuat argumen yang baik meskipun ide atau topik tersebut sudah pernah digunakan oleh penulis lain. Narasumber menjawab bahwa yang terpenting adalah penulis harus yakin dengan argumen yang dimiliki. Selain itu, penulis juga perlu membaca lebih banyak paper dan artikel sebagai bahan acuan. Seperti halnya juga  ketika penulis memutuskan untuk mengangkat topik yang dianggap tabu dalam masyarakat dan dianggap akan menyulut banyak kontra, penulis harus tetap memberikan kesempatan bagi topik tersebut untuk dapat didiskusikan lebih lanjut asalkan didukung oleh data dan fakta yang relevan.

 

Foto bersama peserta Workshop dengan Pembicara, Professor Leonard Sebastian dan Convener, Tirta Mursitama, PhD
Foto bersama peserta Workshop dengan Pembicara, Professor Leonard Sebastian dan Convener, Tirta Mursitama, PhD
Professor Leonard Sebastian dari RSIS memberikan pemaparan mengenai cara mempublikasikan artikel di jurnal internasional
Professor Leonard Sebastian dari RSIS memberikan pemaparan mengenai cara mempublikasikan artikel di jurnal internasional
suasana workshop
suasana workshop
suasana workshop
suasana workshop

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close