People Innovation Excellence
 

Kunjungan Departemen HI BINUS ke Kantor Bank Dunia, Indonesia

IMG_0882
Mahasiswa HI BINUS mendengarkan pemaparan Ibu Dayu Nirma Amurwanti dari World Bank

Selasa – 3 Juni 2014, Departemen Hubungan Internasional Universitas BINUS melakukan kuliah kunjungan ke kantor Bank Dunia (World Bank) yang berlokasi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Kunjungan ini merupakan bagian dari kuliah lapangan mata kuliah Pemikiran Ekonomi Politik Internasional.  Sebanyak 60 mahasiswa Hubungan Internasional angkatan 2016 mengikuti kuliah kunjungan ini. Kunjungan pun diikuti oleh satu dosen pendamping serta satu dosen pengampu mata kuliah Pemikiran Ekonomi Politik Internasional, yang sekaligus merupakan operation officer dari World Bank Indonesia.

Mahasiswa HI Binus di World Bank
Mahasiswa HI Binus di World Bank

Acara kunjungan dimulai sejak pukul 10.00 pagi sampai dengan waktu makan siang. Agenda Utama dari kunjungan ini adalah untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang kinerja dan operasionalisasi World Bank di Indonesia kepada mahasiswa HI BINUS. Terdapat 2 kegiatan utama selama kunjungan ini, yaitu pemutaran film dan pemaparan dari staff World Bank. Pemutaran film dipandu oleh Sdri. Dayu Nirma Amurwanti selaku operation officer World Bank. Film-film pendek berdurasi 10-15 menit diputarkan untuk memberikan pemahaman mengenai sejarah pendirian dan struktur organisasi atau badan-badan didalam World Bank.

Perwakilan Mahasiswa HI BINUS, Nova Joanita memberikan plakat kepada perwakilan World Bank
Perwakilan Mahasiswa HI BINUS, Nova Joanita memberikan plakat kepada perwakilan World Bank, Bapak Unggul Suprayitno

Setelah pemutaran film usai, Sdri. Dayu Nirma mengajukan beberapa pertanyaan seputar isi film kepada mahasiswa. Mahasiswa HI BINUS yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut mendapatkan beberap souvenir yang sudah disiapkan oleh pihak World Bank. Kegiatan kedua setelah pemutaran film adalah pemaparan lebih rinci mengenai operasionalisasi World Bank di Indonesia. Pemaparan diberikan oleh Bapak Unggul Suprayitno selaku Sr. Financial Management Specialist World Bank, Indonesia. Pemaparan Bapak Unggul diantaranya adalah visi dan misi World Bank, struktur organisasi, profil organisasi, keanggotaan serta program-program kerja World Bank di Indonesia. Pemaparan dari Bapak Unggul cukup menarik sehingga mengundang banyak pertanyaan dari mahasiswa HI untuk mengetahui lebih lanjut tentang program-program kerja World Bank dalam rangka pembangunan Indonesia.

IMG_0894

Acara kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini ditutup dengan pemberian cindera mata oleh salah satu perwakilan mahasiswa HI BINUS kepada pihak World Bank. Pihak HI BINUS berharap kunjungan ini dapat memberikan gambaran tersendiri bagi mahasiswa HI mengenai kinerja World Bank dan menginspirasi mereka untuk dapat berkarir pada lembaga-lembaga bertaraf internasional

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close