People Innovation Excellence

Era Baru Hubungan Indonesia dengan Eropa Tengah

IMG-20160201-WA0004

Indonesia adalah negara berkembang yang terus menerus mengembangkan diri dengan membuka hubungan perdagangan dengan mitra-mitra baru di Asia Timur dan Asia Selatan. Namun disamping membuka diri dengan mitra-mitra baru, hubungan Indonesia dengan mitra-mitra lama juga masih tetap dipertahankan seperti Eropa dan Amerika Serikat. Namun pertanyaannya, di era yang berubah sedemikian cepat ini, apakah Indonesia masih harus tetap mempertahankan pola hubungan yang lama, ataukah harus mengembangkan pola dan pendekatan baru?

Untuk menjawab hal tersebut, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara kedatangan seorang tamu yang juga merupakan pengajar dari Budapest Business School, Hungaria yaitu Dr.Tamas Novak. Kuliah umum bertajuk “Changing Framework of Economic Relations between Europe and Indonesia – Doing Business with Central and Eastern Europe”.  Acara ini diselenggarakan di Kampus Syahdan Universitas Bina Nusantara, Senin 1 Februari 2016.

IMG-20160201-WA0006

Dalam kesempatan itu Dr. Novak menyampaikan bagaimana negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur juga berusaha mengembangkan ekonominya dengan membuka diri kepada negara-negara lain di luar kawasan Uni Eropa, seperti Indonesia dan Tiongkok. Negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur telah mengalami ketergantungan dalam pembangunan ekonomi terhadap negara-negara Eropa Barat, terutama Jerman.  Jerman merupakan pasar dari 30% dari ekspor produk agrikultur negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur.

IMG-20160201-WA0008

Ketergantungan ekonomi yang berkepanjangan terhadap negara-negara Eropa Barat; Skeptisme terhadap Uni Eropa; dan  fakta bahwa negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur tetap tidak dapat mengejar kecepatan modernisasi dan industrialisasi Eropa Barat, membuat negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur kemudian mengadopsi “global opening strategy” dan  membuka diri terhadap kerjasama ekonomi dengan negara-negara dari kawasan lain untuk tujuan diversifikasi pasar. Hungaria secara khusus berharap dapat melakukan kerjasama aktif dengan Indonesia di bidang pemerintahan, bisnis, dan pendidikan tinggi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close