People Innovation Excellence
 

Paparan Penelitian Mahasiswa HI Binus di Balitbang Kemhan

Pada Senin, 29 Januari 2018, sepuluh mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) melakukan paparan hasil penelitian di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Balitbang Kemhan).

Sepuluh mahasiswa tersebut terdiri dari enam orang mahasiswa Jurusan Psikologi, tiga orang mahasiswa Jurusan Komunikasi, dan satu orang mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional. Penelitian yang dipaparkan merupakan hasil program 3+1 track penelitian di Balitbang Kemhan. Mewakili Jurusan HI Binus, yang melakukan paparan adalah Muhammad Verdias Yurindra, mahasiswa angkatan 2019 yang mengambil konsentrasi Diplomasi Perdagangan dan Bisnis. Paparan penelitiannya bertajuk “Analisis Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Korea Selatan dalam Pengembangan Proyek Pesawat Tempur KF-X/IF-X”.

Acara paparan dimulai pada pukul 8:00 di Gedung Djuanda kantor Balitbang Kemhan, Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan 12450. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (Kapuslitbang Sumdahan) Brigjen TNI Ahmad Saefudin, S.E., M.M. mewakili Kepala Balitbang Kemhan dan Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Transfer Teknologi Prof. Ir. Bahtiar Saleh Abbas, M.Sc., Ph.D. Para mahasiswa melakukan paparan dengan dimoderatori oleh Kepala Bidang Lingkungan Strategis Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan (Kabid Lingstra Puslitbang Strahan) Dr. Ernalem Bangun, M.A.

Paparan ini dilakukan oleh para mahasiswa dalam rangka program 3+1 track penelitian. Program 3+1 adalah program pengembangan bagi seluruh mahasiswa Binus, yang bermakna selain tiga tahun belajar di kelas, mereka juga melakukan pengayaan selama satu tahun di luar kelas. Program ini memiliki beberapa pilihan track pembelajaran, yaitu internship atau magang, community development atau pengabdian kepada masyarakat, entrepreneurship atau kewirausahaan, study abroad atau kuliah ke luar negeri, dan research atau penelitian.  Tujuan program 3+1 adalah membantu membangun masa depan dan perjalanan karier mahasiswa, karena hal ini diharapkan dapat menjadi bekal mereka ketika masuk ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Sementara itu, Balitbang Kemhan adalah unit eselon I di bawah Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan) yang memiliki tugas menyelenggarakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan strategi dan sistem pertahanan, sumber daya manusia, kemampuan dan pendayagunaan industri nasional, serta penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk pertahanan negara.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close