Internship di Kementerian Pertahanan RI: Sesi Sharing

Pada Senin, 5 Maret 2018, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (HI Binus) melakukan acara sharing magang 3+1 pertama. Acara ini mengundang para mahasiswa yang pernah melakukan magang 3+1 di Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) dengan tujuan berbagi pengalaman mereka kepada para mahasiswa tahun kedua yang akan melakukan magang 3+1 pada semester ganjil mendatang.

Acara dimulai pada pukul 17:20 di ruang C.204 Kampus Kijang Binus. Sesi sharing pertama disampaikan oleh tiga mahasiswa yang magang di Direktorat Kerja Sama Internasional (Dit Kersin) Kemhan pada semester ganjil 2017-2018, yaitu Agnes Marchella, Laras Putri Pamungkas, dan Siti Annisa Arif. Dit Kersin adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kemhan yang mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta standardisasi teknis, pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang kebijakan kerja sama internasional. Dit Kersin menyelenggarakan fungsi terkait hubungan bilateral, multilateral, kerja sama pendidikan dan materiil, atase pertahanan, serta protokoler dan perizinan.

Agnes, Annisa, dan Laras berbagi terkait proses melamar magang 3+1 di Dit Kersin, deskripsi kerja magang di Dit Kersin, serta persyaratan magang di sana. Menurut mereka, persyaratan melamar magang di Dit Kersin antara lain surat keterangan mahasiswa aktif, surat keterangan magang, transkrip nilai dengan IPK minimal 3,00, dan proposal magang. Mereka juga berbagi tentang pengalaman kerja magang, seperti ketika mereka membantu pelaksanaan Indonesia-United States Security Dialogue (IUSSD), berkunjung ke kapal HMAS Adelaide (L01) milik angkatan laut Australia yang sedang port visit, berkunjung ke Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), membantu pelaksanaan seminar “Maritime Defense in the Littoral Environment”, serta membantu pelaksanaan Indonesia-France Defense Dialogue (IFDD).

Pada pukul 17:45, acara dilanjutkan sesi sharing kedua yang disampaikan oleh seorang mahasiswa yang magang di Direktorat Analisa Strategis (Dit Anstra) Kemhan pada semester yang sama, yaitu Anastasia Febiola Sumarauw. Seperti halnya Dit Kersin, Dit Anstra adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi Ditjen Strahan Kemhan, namun dengan tugas yang berbeda, yaitu merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta standardisasi teknis, pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang analisis strategis. Dit Anstra menyelenggarakan fungsi terkait analisis strategis dalam negeri, Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Afrika, organisasi internasional, dan isu global.

Anastasia juga berbagi terkait proses melamar magang 3+1 di Dit Anstra, deskripsi kerja magang di Dit Anstra, serta persyaratan magang di sana. Menurut Anastasia, persyaratan melamar magang di Dit Anstra antara lain surat keterangan mahasiswa aktif, surat keterangan magang, curriculum vitae (CV), fotokopi transkrip nilai, contoh esai, serta surat rekomendasi dan tulisan rencana masa depan yang sifatnya opsional.

Untuk kerja magang di Dit Anstra, dibutuhkan kefasihan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, pemikiran analitis, kedisiplinan, ketangkasan, ketepatan waktu, orientasi kerja tim, orientasi proses, tujuan, kemampuan beradaptasi, pembelajaran berkelanjutan, dan passion menulis. Kerja magang di Dit Anstra mencakup pembuatan berbagai laporan, antara lain laporan harian, laporan mingguan, laporan menonjol, dan laporan atensi; penulisan buku kajian melalui penelitian lapangan dan focus group discussion (FGD); serta peningkatan kompetensi analisis melalui partisipasi dalam seminar dan kegiatan lainnya.