People Innovation Excellence
 

Kemandirian di Bidang Pertahanan: Sebuah Misi Yang Tidak Mungkin Bagi Indonesia?

Kemandirian di bidang pertahanan merupakan hal yang penting bagi Indonesia, mengingat banyaknya ragam bentuk ancaman keamanan seperti terorisme, pembajakan, dan penyelundupan narkoba. Indonesia menargetkan bisa memproduksi peralatan militernya sendiri pada tahun 2029. Dalam rangka mencapai target tersebut Indonesia telah membentuk Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang bertugas mewujudkan kemandirian industri pertahanan. Komite telah merumuskan rencana pokok pembangunan industri pertahanan sampai 2029. Enam tahun lalu, pemerintah juga menerbitkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan untuk mendukung rencana tersebut. Namun hingga kini industri pertahanan Indonesia tetap stagnan. Dosen Hubungan Internasional BINUS University, Tangguh Chairil, S.Sos., M.Si.(Han), sebagai pengamat isu keamanan dan militer memberikan analisisnya terkait kondisi, tantangan dan solusi untuk mengembangkan industri pertahanan yang mandiri. Analisis tersebut dapat dibaca secara lengkap melalui tautan berikut:

https://theconversation.com/kemandirian-di-bidang-pertahanan-sebuah-misi-yang-tidak-mungkin-bagi-indonesia-99300


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close